PENGEMBANGAN IDENTITAS VISUAL PADA PASAR BARU KOTA BANDUNG

DEVELOPMENT OF VISUAL IDENTITY AT MARKET BARU, BANDUNG CITY

Authors

Keywords:

brand, ikonik, keberagaman, kesan, warisan

Abstract

Kota Bandung dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan negara tetangga seperti Malaysia, sebagai salah satu destinasi wisata belanja. Terdapat beberapa tempat belanja yang menjadi tempat wajib saat mengunjungi kota Bandung, salah satunya adalah Pasar Baru. Pasar Baru Bandung saat ini merupakan hasil revitalisasi Pemerintah Kota Bandung yang semula sebagai pasar tradisional menjadi pasar modern. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kondisi dan mengubah kesan pasar tradisional yang kumuh dan semrawut menjadi pasar modern yang bersih dan nyaman bagi para pengunjungnya. Sayangnya, revitalisasi Pasar Baru Bandung tidak diikuti dengan membangun kesan yang sesuai untuk mendukung daya tarik wisata belanjanya. Desain brand Pasar Baru Bandung menggunakan metode desain Collaborative Destination Branding melalui proses studi awal, tahap perumusan arah branding, serta tahap perancangan desain branding. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa brand essence Pasar Baru Bandung dirumuskan pada tiga kata kunci yaitu: warisan, ikonik, dan keberagaman. Hasil penelitian ini memaparkan rumusan visual collaborative destination branding dan aplikasinya pada media identitas visual di Pasar Baru Bandung. Penerapan dari brand essence diterapkan pada desain signage system untuk menginformasikan pengkategorian yang baik terhadap produk-produk di dalamnya sehingga mampu merepresentasikan keberagaman sebagai keunggulan Pasar Baru Bandung.

Author Biographies

Dewi Isma Aryani, Universitas Kristen Maranatha

Program Sarjana Desain Komunikasi Visual

Tessa Eka Darmayanti, Universitas Kristen Maranatha

Program Sarjana Desain Interior

Azizi Bahauddin, Universiti Sains Malaysia

School of Housing, Building and Planning

References

Akrom, A., Haryadi, T. (2021). DESAIN SIGNAGE SYSTEM SEBAGAI MEDIA INFORMASI KAWASAN SIMPANG LIMA SEMARANG BERBASIS KOMPUTER GRAFIS. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. 7(1), 79-91. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4309.

Aryani, D.I. (2019). Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus: Mojo Coffee). Waca Cipta Ruang: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 5(1), 330-336. DOI 10.34010/WCR.V5I1.1436.

Aryani, D.I. (2021). Menguak Karakter dan Visualisasi Eevee dalam Franchise Pokemon. Banyumas: Amerta Media.

Aryani, D. I. (2024). TINJAUAN DAN KOMPARASI DESAIN MINUMAN KEKINIAN DENGAN PENDEKATAN SENSORY BRANDING. JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM), 28(1), 59-76. DOI: https://doi.org/10.17933/jskm.2024.5387.

Basundoro, P. (2023). Pengantar Kajian Sejarah Ekonomi Perkotaan Indonesia. Jakarta: Kencana.

Brennan, B.S. (2020). A Study of the Perceived Holistic Tourism Destination Image of Korea: A Comparison of Residents and Non-Residents. Seoul: Graduate School, Kyung Hee University.

Fasawwa, S.S. (2022, Januari 10). Tata Ruang Kota dan Struktur Keruangannya: Karakteristik & Aspeknya. [Online]. URL: https://tirto.id/tata-ruang-kota-dan-struktur-keruangannya-karakteristik-aspeknya-gnk8 [diakses pada 30 Desember 2024].

Faurren, S., & Herdiana, S. (2021). Kajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Mengunjungi Destinasi Wisata Belanja Di Jalan Re Martadinata, Kota Bandung. Prosiding FTSP Series, 627-636.

Harastoeti, D.H. (2011). 100 Bangunan Cagar Budaya Di Bandung. Bandung: Bandung Society For Heritage Conservation.

Kapferer, J.N. (2012). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking 5th Edition. London: Kogan Page Publishers.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021, Oktober 21). Desain Komunikasi Visual Salah Satu Subsektor Ekraf Kekinian yang Menjanjikan. [Online]. URL: https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Desain-Komunikasi-Visual-Salah-Satu-Subsektor-Ekraf-Kekinian-yang-Menjanjikan [diakses pada 3 Oktober 2023].

Kodrat, D.S. (2021). Manajemen Merek dan Strategi E-Commerce: Pendekatan Praktis. Jakarta: Kencana.

Komunitas Aleut. (2024, April 1). Peta Bangunan Cagar Budaya Kota Bandung. [Online]. URL: https://komunitasaleut.com/2024/04/01/peta-bangunan-cagar-budaya-kota-bandung/ [diakses pada 19 Maret 2025].

Machado, L., & Cassiano, G. (2020). The Role of Visual Identity in Retail Branding. In A. Esposito Vinzi dkk. (Eds.), Handbook of Research on Retailing Techniques for Optimal Consumer Engagement and Experiences (pp. 1-16). IGI Global.

Nababan, J. A. P., & Senoprabowo, A. (2020). Perancangan Visual Branding Basic Photography di Kota Semarang. Jurnal Citrakara, 2(01).

Oentoro, K., Wiyatiningsih, Amijaya, S.Y. (2022). DESAIN BRAND KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SEPEDA. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(3), 324-338. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.

Perkins, R., Khoo-Lattimore, C., & Arcodia, C. (2020). Understanding the contribution of stakeholder collaboration towards regional destination branding: A systematic narrative literature review. Journal of Hospitality and Tourism Management, 43, 250-258. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.04.008.

Statista. (2023, Juli 13). Digital Media: market data & analysis. [Online]. URL: https://www.statista.com/study/44526/digital-media-report/ [diakses pada 1 Oktober 2023].

Susanti, R. & Ika, A. (2020, Juli 21). Pasar Baru Bandung Dulu dan Kini, Sebuah Potret Keberagaman dan Perekonomian. [Online]. URL: https://regional.kompas.com/read/2020/07/21/06550001/pasar-baru-bandung-dulu-dan-kini-sebuah-potret-keberagaman-dan-perekonomian?page=all#google_vignette [diakses pada 30 Desember 2024].

Swasty, W., & Utama, J. (2017). Warna Sebagai Identitas Merek Pada Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(1), 1-16. DOI : 10.33633/andharupa.v3i01.1294.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity : A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands Fifth Edition. New Jersey : John Wiley & Sons.

Wisatabdg Tim Redaksi. (2011, Juli 7). Sejarah Passar Baru Bandung. [Online]. URL: https://www.wisatabdg.com/2011/07/pasar-baru-bandung.html [diakses pada 3 Oktober 2023].

Wulandari, S., Rizqi, A. A., & Ayuswantana, A. C. (2024). Grafis Lingkungan: Inovasi Desain Tempat Pembuangan Sampah Sebagai Identitas Visual Taman Kunang-Kunang. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(1), 69-76. DOI: 10.32815/jeskovsia.v8i01.971.

Downloads

Published

2025-04-11

Issue

Section

Articles