REDESIGN WEBSITE PEMINJAMAN FASILITAS UMUM DI TELKOM UNIVERSITY DENGAN METODE DESIGN THINKING
Abstract
Telkom University, sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, harus menyediakan fasilitas berkualitas tinggi untuk mendukung proses akademik dan non-akademik. Fasilitas umum pada perguruan tinggi berfungsi untuk menunjang, memudahkan dan melancarkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih bermutu. Beberapa penelitian membuktikan bahwa fasilitas kampus dan lingkungan kampus secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar serta berpengaruh dalam loyalitas mahasiswa yang dimediasi oleh kepuasan mahasiswa. Apabila mahasiswa memiliki motivasi belajar serta loyal terhadap kampusnya, maka program-program yang dicanangkan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu akan terlaksana dengan mudah karena didukung oleh mahasiswanya. Telkom University memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, namun tidak akan berfungsi secara optimal apabila dari mahasiswanya sendiri tidak menggunakan fasilitas yang tersedia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya media informasi mengenai alur peminjaman dan proses peminjaman fasilitas umum Telkom University yang dinilai masih sulit dijumpai. Telkom University sendiri telah mengembangkan website TERRAS untuk peminjaman fasilitas namun masih belum optimal dikarenakan tampilan visual yang kurang informatif. Penelitian ini menggunakan metode design thinking yang dimulai dari tahap empathize, define, ideate, dan prototype. Hasil penelitian ini berupa rancangan desain interface pada website layanan fasilitas umum di Telkom University yang informatif dengan menggunakan prinsip UI/UX.References
Admin. (2019). Keunggulan. Telkom University. https://telkomuniversity.ac.id/keunggulan/
Admin DITSP-ITB. (n.d.). Fasilitas Ruangan. Institut Teknologi Bandung. Retrieved August 11, 2025, from https://ditsp.itb.ac.id/fasilitas-ruangan/#:~:text=Ruang %2F Gedung dan Area hanya dapat dipinjam,Penampungan Direktorat SP dengan nomor 1300026013279 Bank Mandiri.
Admin TERRAS. (n.d.). TERRAS; TEL-U Room Reservation System. Telkom University. Retrieved August 11, 2025, from https://logas.id/booking/guest
Eriyanto. (1999). Metodologi Polling; Memberdayakan suara rakyat (Mukhlis (ed.); I). PT. Remaja Rosdakarya.
Ginanjar, J., & Sukoco, I. (2022). Penerapan Design Thinking pada Sayurbox. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.34010/jurisma.v12i1.5078
Hafidzaki. (n.d.). Ngobrol Santai Fundamental Ui & Ux.
Hasan, K. (2016). Beberapa Metode Penelitian Komunikasi Politik. Jurnal Komunikasi, 2, 1–13. https://repository.unimal.ac.id/2268/1/BEBERAPA METODE DALAM PENELITIAN KOMUNIKASI POLITIK.pdf
IT Team - Biro Umum dan Kepegawaian - Universitas Negeri Jakarta. (n.d.). Reservasi Ruangan dan Kendaraan - Universitas Negeri Jakarta. Universitas Negeri Jakarta. Retrieved August 11, 2025, from https://buk.unj.ac.id:8081/
Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 22–35. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/2701/2512
Masaharu, W. (2021). Perguruan Tinggi Ciptakan SDM Unggul dan Inovatif. beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/nasional/855603/perguruan-tinggi-ciptakan-sdm-unggul-dan-inovatif#:~:text=Jakarta%2C Beritasatu.com - Kementerian Pendidikan%2C Kebudayaan%2C Riset%2C dan,meningkatkan daya saing%2C kesejahteraan%2C kemajuan%2C dan ekonomi bangsa.
Simanjuntak, M. H. (2021). Kemdikbudristek: Perguruan tinggi ciptakan SDM unggul dan inovatif. antaranews.com. https://www.antaranews.com/berita/2532009/kemdikbudristek-perguruan-tinggi-ciptakan-sdm-unggul-dan-inovatif
USDI Udayana. (n.d.). Sistem Peminjaman dan Inventaris Ruangan. Universitas Udayana. Retrieved August 11, 2025, from https://sipirang.unud.ac.id/
Victor, V., & Selvia, S. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus dan Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen STMB MULTISMART Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(4), 393–401. https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3743
Wallance, C. (2023). 12 Important User-Interface Design Guidelines. UXmatters. https://www.uxmatters.com/mt/archives/2023/12/12-important-user-interface-design-guidelines.php
Wong, E. (2025). User Interface Design Guidelines: 10 Rules of Thumb. Interaction-Design.Org. https://www.interaction-design.org/literature/article/user-interface-design-guidelines-10-rules-of-thumb
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).











