Evaluasi Sistem Antrian SPBU Madukoro Kota Semarang Berbasis Pemodelan dan Simulasi Sistem Diskrit

Authors

  • Pramudi Arsiwi Universitas Dian Nuswantoro https://orcid.org/0000-0001-7404-0951
  • Aninda Putri Dhiba Universitas Dian Nuswantoro
  • Agsre Aditya Universitas Dian Nuswantoro
  • Naswa Sabila Ulhaq Universitas Dian Nuswantoro
  • Popy Dian Riyanti Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/aiej.v8i2.12638

Abstract

Kualitas layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan memiliki dampak besar terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Ketika permintaan melebihi kapasitas yang ada, maka menimbulkan sebuah antrian. Sehingga dilakukan observasi pada SPBU Madukoro yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Semarang, pada kendaraan roda dua dan roda empat dengan mengabaikan jenis bahan bakar yang diisi dengan durasi pengamatan adalah 1 jam 15 menit. Ukuran performa yang dievaluasi meliputi jumlah antrian, waktu tunggu, dan nilai utilitas. Berdasarkan data yang diamati dan diolah menggunakan software Arena, hasilnya menunjukkan adanya antrian di server keempat dengan nilai utilitas yang hampir mencapai satu, menandakan tingkat kesibukan yang tinggi. Untuk meningkatkan efisiensi utilitas SPBU, disarankan merancang model perbaikan dengan menambah jumlah server di stasiun pengisian roda empat. Diharapkan penambahan ini dapat mengurangi nilai utilitas secara signifikan, menjadikannya di bawah angka satu. Perbaikan ini dapat berdampak pada kepuasan layanan konsumen saat langkah-langkah perbaikan dilakukan untuk mengatasi antrian.

Author Biographies

Pramudi Arsiwi, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Industri

Aninda Putri Dhiba, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Industri

Agsre Aditya, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Industri

Naswa Sabila Ulhaq, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Industri

Popy Dian Riyanti, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Industri

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles