KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PUSKESMAS MIROTO KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG

Arif Kurniadi, Agus Perry Kusuma, Jaka Prasetya, Dyah Ernawati

Abstract


Latar Belakang : Indek   Pembagunan Manusia (IPM)  merupakan patokan penting dalam menentukan posisi daya saing suatu bangsa yang bisa dipengaruhi oleh bidang Kesehatan. Peningkatan IPM memerlukan peningkatan mutu layanan sarana  kesehatan, sehingga Pemerintah menerapkan dasar acuan  dalam mengevaluasi mutu layanan publik khususnya bidang kesehatan  menggunakan Indek Kepuasan masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui indek kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan pada wilayah kerja Puskesmas Miroto Kota Semarang.

Metode : Penelitian kuantitatif secara cross sectional dengan sampel 286 responden dipilih secara acak. Penilaian terhadap 9 unsur layanan berdasar Permenpan & RB dikumpulkan melalui kuesioner skala linkert yang dibagikan pada bulan Oktober 2021. Analisis deskriptif untuk menghitung  Nilai Persepsi, Nilai Interval Konversi, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai indek rata-rata sebesar 2,84, nilai skor 71,56  dengan mutu pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan kategori Baik.

Simpulan : Dari Sembilan unsur penilaian, nilai terendah terdapat pada pelayanan yang tersedia dan berkesinambungan, keinginan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas. Pihak manajemen puskesmas miroto harus melakukan pembenahan khususnya secara internal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v22i1Supp.7852

Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla