PEMANFAATAN TEORI PERUBAHAN MAKNA DI DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI

Roni Nugraha Syafroni

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah, karena saya terinspirasi dari kondisi pandemi yang melanda negeri. Siswa seringkali mencurahkan isi hati kepada peneliti. Mereka menginginkan materi yang kekinian, kontekstual, tidak melulu tekstual. Maka dari itu, peneliti mengambil salah satu materi tentang teks eksposisi yang digabungkan dengan teori perubahan makna, yang berasal dari semantik. Teks eksposisi yang peneliti ambil adalah teks jatuhnya maskapai Sriwijaya Air SJ-182, yang bersumber dari situs berita daring. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui manfaat teori perubahan makna di dalam materi teks eksposisi bagi siswa kelas X. Teori utama penelitian ini adalah teori perubahan makna yang bersumber dari literatur-literatur semantik. Peneliti mengambil literatur semantik dari karya Abdul Chaer. Metode yang peneliti gunakan di penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori perubahan makna bermanfaat saat diejawantahkan ke dalam materi teks eksposisi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa teori perubahan makna ternyata bermanfaat saat digabung dengan materi teks eksposisi.


Full Text:

PDF

References


Anugrahadi, Adi. 2021. ‘Ini Hasil Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 pada Minggu 10 Januari 2021. https://m.liputan6.com/news/read/4453787/ini-hasil-pencarian-

sriwijaya-air-sj-182-pada-minggu-10-januari-2021 (diakses 15 Maret 2021).

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating

Quantitative and Qualitative. Boston: Pearson.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1999. Semantik 2: Pemahaman Ilmu Makna. Banadung: Refika Aditama.

Ningrum, Lestari. 2004. Usaha Perjalanan Wisata Dalam Perspektif Hukum Bisnis.

Bandung: Citra Aditya Bakti.

Parera, J. D. 2004. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

RollingStone. 2018. ‘Teks Eksposisi dan Contohnya’. https://rollingstone.co.id/contoh-teks-eksposisi/ (diakses 13 Maret 2021).

Ullmann, Stephen. 2009. Pengantar Semantik (diadaptasi oleh Sumarsono).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zazili, Ahmad. 2008. Perlindungan Hukum terhadap Penumpang pada Transportasi Udara Niaga Berjadwal Nasional. Tesis Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. Semarang: Tidak Diterbitkan.


Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

This work is licensed under a Creative Comunity 40 International License