KUALITAS PELAYANAN “LING-LUNG KOPI AND EATERY” SEBAGAI TUJUAN WISATA KULINER DI YOGYAKARTA

Kiki Novia Prasasti, Hermawan Prasetyanto

Abstract


“Linglung Kopi and Eatery” adalah cafe dan resto yang menjual aneka makanan baik Internasional ataupun Tradisional. Makanan Internasional terdiri dari Fettuccini, Chicken Cordenblue, Ramen dan lain-lain, sedangkan untuk menu tradisional terdiri dari Gudeg, Soto Ayam, Sop Iga dan lain-lain. Selain itu “Ling-Lung Kopi and Eatery” juga memiliki cabang yaitu “Silol Kopi” yang berada di seputaran Stadion Kridosono Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi wisatawan atau pengunjung “Ling-Lung Kopi and Eatery” terhadap kualitas pelayanan “Ling-Lung Kopi and Eatery” sebagai tujuan wisata kuliner. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Responden terdiri dari wisatawan atau pengunjung, juru masak, waiter/ss, serta manajer “Linglung Kopi & Eatery”, yang ditentukan dengan sematic difencial. Data yang terkumpul melalui pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, yang akan  dianalisa menggunakan Analisa Data Interaktif menurut Miles dan Hurberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan “Ling Lung Kopi & Eatery” sudah dianggap baik oleh pengunjung atau wisatawan. Selain itu, ditemukan bahwa konsumen kecewa karena penyajian makanan terlalu lama (Variable Realibility). Akan tetapi, kelebihan pada parameter pengetahuan dasar dan penampilan pelayan mampu menutupi kekurangan tersebut. Hal inilah yang membuat “Ling Lung Kopi & Eatery” dapat dijadikan tujuan wisata kuliner di Yogyakarta oleh para pencita kuliner.

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. (2000).Manajemen Pemasaran (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). PT. Index. Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2003).Prinsip-Prinsip Total Quality Service.Yogyakarta. Andi

Susanti, Nova. 2014.Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Padang. Padang: Skripsi.

Nugroho, Setyo Prasiyono. (2014).Kualitas Pelayanan Gadri Resto.Yogyakarta

Dharma, Robby.2017.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Padang Tour Wisatawa Pulau Padang.Padang. LPPM UPI YPTK Padang. Jurnal Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi , Vol. 6, No. 2 Hal 349-359.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, Dindin. Dkk. 2018.Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung.Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 Hal. 55-64.

Handriyani, Ruly. 2005. Analisi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhdap Kepuasan Pelanggan.Yogyakarta. Skripsi

Purnomo, Budi. 2015. Metode Penelitian Pariwisata. Yogayakarta. K-Media. Buku Cetakan Pertama.

Utami, Ida Ayu Inten Surya.2015.Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur.Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7.


Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

This work is licensed under a Creative Comunity 40 International License