PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKINGAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK SMP HASANUDDIN 04 SEMARANG DENGAN PROMETHEE METHOD

Wijanarto Wijanarto, Yudha Satria

Abstract


Multi Criteria Decision Making (MCDM) adalah pengambilan keputusan untuk memilih       alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang tersedia berdasarkan  beberapa kriteria yang ditetapkan oleh si pengambil keputusan. MCDM  merupakan salah satu dari permasalahan yang rumit untuk dipecahkan dan dilakukan secara manual oleh manusia. Permasalahan MCDM yang dibahas dalam penelitian ini adalah  pengambilan  keputusan untuk menyeleksi Penerimaan Peserta  Didik  (PPD).  Metode Promethee  merupakan  salah  satu  dari  banyak solusi untuk optimalisasi permasalahan MCDM. Metode ini mampu meranking sejumlah alternatif berdasarkan banyak kriteria, sehingga menghasilkan daftar alternatif yang terurut mulai dari alternatif  terbaik hingga yang terburuk.. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai merancang dan membangun aplikasi yang mampu mengimplementasikan Promethee method dalam rangka melakukan proses seleksi PPD di SMP Hasanuddin 04 Semarang. Aplikasi tersebut berbasis pada aplikasi desktop dengan menggunakan bahasa Java. Metode perancangan menggunakan SDLC model iterative dengan  pendekatan berbasis obyek serta memanfaatkan bahasa pemodelan UML. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi yang penulis buat mampu menjalankan metode promethee dengan benar dan mampu memberikan manfaat positif bagi dunia pendidikan dalam melakukan seleksi PPD khususnya  di  SMP Hasanuddin 04 Semarang.

Kata kunci : MCDM, Metode Promethee, PPD, RPL berbasis Obyek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v11i2.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh : 

Jurnal Techno.Com terindex di :

   

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerjasama dengan IndoCEISS dan CORIS. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.