IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENYELEKSI PENERIMA BERAS MASYARAKAT MISKIN (RASKIN)

Artanti Rim Saulina Manik, Bowo Nurhadiyono, Yuniarsi Rahayu

Abstract


Kemiskinan adalah salah satu masalah mendasar yang menjadi fokus pemerintah di negara manapun. Salah satu program pemerintah yang digunakan untuk memerangi kemiskinan adalah Raskin / beras untuk orang miskin yang diselenggarakan oleh Bulog. Dalam menentukan penyediaan beras (Raskin) yang memenuhi syarat untuk bantuan atau tidak, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima Raskin di Tambak Aji Ngaliyan Semarang. Subjek penelitian ini adalah penentuan penerimaan beras miskin dengan menerapkan metode Weighted Product (WP). Dan penelitian ini menggunakan model waterfall yang meliputi analisis persyaratan sistem, desain atau perancangan, coding, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan. Sistem pendukung keputusan ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Weighted Product untuk penentuan orang yang menerima Raskin di Tambak Aji Ngaliyan Semarang yang telah disahkan dengan menggunakan pengujian Black Box. Penelitian yang dilakukan dengan mencari bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses peringkat yang akan menentukan alternatif yang optimal, calon penerima Raskin. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem yang diciptakan untuk memberikan hasil yang baik di sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat pemilihan penerima Raskin, dan sistem juga dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan penerima Raskin.

Kata Kunci : Tambak Aji, Weighted Product, Raskin, sistem pendukung keputusan, kriteria.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v14i2.884

Article Metrics

Abstract view : 2062 times
PDF - 870 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

  

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerjasama dengan IndoCEISS dan CORIS. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.