Transparansi Kegiatan Monitoring Pelaksanaan Bimbingan Skripsi dengan Sistem AT-MOGI

Karfindo Karfindo, Lakry Maltaf Putra

Abstract


Skripsi merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa dalam menempuh jenjang pendidikan S-1. Diberbagai kampus skripsi merupakan sesuatu yang ditakuti oleh sebagian besar mahasiswa begitu juga di STMIK Indonesia Padang. Berbagai macam aspek permasalahan yang timbul pada saat penulisan skripsi yang berakibat pada keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan masa studinya. Apakah kendala yang dihadapi berasal dari mahasiswa atau dari pembimbing skripsi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem AT-MOGI yang bisa membuat pelaksanaan bimbingan skripsi menjadi transparan, sehingga tidak adanya saling salah menyalahkan antara berbagai pihak. Sistem AT-MOGI  dimana proses konsultasi tidak hanya disimpan saat terjadi bimbingan saja tapi jadwal yang sudah disepakati juga akan disimpan sehingga dapat mengetahui tidak terjadinya konsultasi secara lebih tepat. Dalam penelitian ini menggunakan metode web engineering karena metode ini memberikan ide bagi pengembang maupun user tentang cara sistem akan berfungsi. Perkembangan konsultasi yang dilakukan juga bisa dimonitoring langsung oleh pihak akademik apakah terjadi perselihan pendapat antara dosen pembimbing I dan II, sudah sejauh mana proses bimbingan yang dilakukan serta masalah yang dihadapi oleh mahasiswa bisa dipantau oleh akademik

Full Text:

PDF

References


Etika, N. and Hasibuan, W. F. (2016) ‘Jurnal KOPASTA Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi’, Jurnal KOPASTA, 3(1), pp. 40–45.

Siswanto, I. and Sampurno, Y. G. (2015) ‘Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY’, Jurnal Taman Vokasi, 3(32), pp. 629–642.

Yuhenita, N. N., Indiati and Kurniati, A. (2016) ‘Strategi Menghadapi Stres Saat Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Magelang’, G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), pp. 1– 15.

Mutaalimah, R. and Rosyadi, I. (2015) ‘Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Online Pada Politeknik Muhammadiyah Pekalongan’, SURYA INFORMATIKA, 1(1), pp. 11–18.

Sari, A. (2017) ‘Sistem informasi bimbingan tugas akhir pada fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi universitas mulawarman’, Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(1), pp. 242–249.

Gunawati, R., Hartati, S. and Listiara, A. (2006) ‘Hubungan Antara Efektitivatas Komunikasi Mahasiswa- Dosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Rindang’, Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), pp. 1–9.

Haryati, R. (2012) ‘Survey kinerja dosen pembimbing skripsi dan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi stie malangkucecwara’, Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(2), pp. 121–128.

Lestari, N. A. (2012) ‘Hubungan Ekspektansi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Motivasi Menulis Skripsi’, Educational Psychology Journal, 1(1), pp. 1–8.

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 29-40.

Bangor, A., Kortum, P. T., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean: Adding an adjective rating scale. Journal of usability studies, 114-123.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i1.1989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh : 

Jurnal Techno.Com terindex di :

   

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerjasama dengan IndoCEISS dan CORIS. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.