Analisis dan Perancangan Geographic Information System pada Pelacakan Lokasi Kurir Secara Real Time

Muhamad Anbiya Nur Islam, Much Aziz Muslim, Hendi Susanto

Abstract


Kecepatan akses informasi menjadi pembahasan cukup penting dalam pembuatan aplikasi. Teknologi yang mulai merambah pada dunia serba mobile menjadikan kecepatan dan kepraktisan akses informasi menjadi prioritas utama dalam pelayanan fitur sebuah aplikasi. Aktivitas logistik yang melibatkan banyak komponen pengguna memerlukan suatu sistem informasi yang dapat memberikan layanan informasi cepat dan akurat. Pada penelitian ini penulis membuat Real time system berbasis Geographic Information System, untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi data lokasi antara kurir dan outlet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan Aplication Programming Interface yang disediakan oleh Google, yaitu Google Maps API. Data spasial yang digunakan pada penelitian ini mengambil dari data Maps milik Google. Hasil penelitian ini adalah suatu sistem yang saling berkomunikasi mengirim data spasial berupa latitude, longitude, distance, time estimation, route, dan real time marker. Penggunaan GIS berbasis Google Maps API ini sangat efektif dalam membantu estimasi dan monitoring proses pengiriman dan jual beli.


Keywords


Geographic Information System; Google Maps API; Mobile Application; Real Time System

Full Text:

PDF

References


Dyah, NR., Arsandy ER. 2015. Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter Spesialis di Provinsi D.I. Yogyakarta Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman vol. 10 (1) pp. 65-72.

Safaat, N. 2011. Android:Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Holla, S., & Katti, M. M. 2012. Android Based Mobile Application Development And Its Security . International Journal of Computer Trends and Technology.

Kosasi, S. 2014. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Kost Berbasis Web. CSRID Journal. Vol. 6 (3) pp. 171-181.

Prahasta, Eddy. 2002. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika: Bandung.

Hu, S., & Dai, T. 2013. Online Map Application Development Using Google Maps API, SQL Database, and ASP.NET. International Journal of Information and Communication Technology Research.

Ariyanti, R., Khairil, Kanedi, I. 2015. Pemanfaatan Google Maps Api Pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi Di Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama. Vol. 11 (2) pp. 119-129.

Ramadhan, Dr. 2015. Pengembangan dan Analisis Kualitas Aplikasi Mobile School Maps (Moomaps) Berbasis Mobile Application Untuk Pemetaan Universitas di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anupriya, & Saxena, M. 2013. An Android Application for Google Map Navigation System Implementing Travelling Salesman Problem. International Journal of Computer & Organization Trends.

Hati, GM., Suprayogi, A., Sasmito, B. 2013. Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile GIS pada Smartphone Android. Jurnal Geodesi Undip Vol. 2 (4) pp. 26-40.

Hendini, A. 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. 4(2) pp. 107-116.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1686

Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF - 667 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.