Sistem Pencegahan UDP DNS Flood Dengan Filter Firewall Pada Router Mikrotik

Doni Aprilianto, Triyana Fadila, Much Aziz Muslim

Abstract


Serangan terhadap server jaringan dapat terjadi kapan saja,  jenis serangan yang dapat menyebabkan efek yang signifikan pada sebuah router adalah UDP-Flooding. UDP (User Datagram Protocol)-Flooding adalah jenis serangan yang memanfaatkan protokol UDP dengan mengurangi sambungan (connectionless) untuk menyerang target. Dalam analisis ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk memperoleh data secara langsung dengan melakukan teknik flooding serta teknik pencegahannya terhadap server yang telah dirancang. Dengan menggunakan Filter Rules yang telah dibuat, packet yang melalui port DNS selain IP Address yang telah di allow jika mencoba melakukan request atau flood DNS ke IP Public ISP pada router mikrotik, maka packet tersebut akan langsung di drop oleh pengaturan rules tersebut. kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan filter firewall pada router mikrotik dapat mengurangi jumlah paket data UDP yang dikirimkan oleh attacker melalui port DNS sebanyak 60% dari jumlah paket yang masuk jika tanpa firewall.


Full Text:

PDF

References


Budi Triandi, 2015, Sistem Keamanan Jaringan Dalam Mencegah Flooding Data Dengan Metode Bloking IP Dan Port, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, Yogyakarta, 6-8 Februari.

Kristanto, Y., 2010, Implementasi Dan Unjuk Kerja Keamanan Jaringan Pada Infrastruktur Berbasis IDPS (Insrusion Detection Prevention System), Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok.

Nofriandi, 2016, Cara Drop UDP DNS Flooding pada Router Mikrotik, https://acenk90.com/2016/02/04/mengatasi-udp-dns-flooding-pada-router-mikrotik/#more-3086 diakses tanggal 8 Desember 2016

Pratama, Johan A., Suadi, Wahyu., Dan Santoso, Bagus J., 2010, Rancang Bangun Sistem Pencegahan Data Flooding Pada Jaringan Komputer, Seminar Tugas Akhir Periode Its Surabaya.

Ramadhani, kafi., Yusuf, M., Wahanani Henni E., 2015, Pendeteksian Dini Serangan Udp Flood Berdasarkan Anomali Perubahan Traffic Jaringan Berbasis Cusum Algorithm, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1291

Article Metrics

Abstract view : 5855 times
PDF - 10097 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.