PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENSIMULASIKAN DEKORASI RUANGAN SECARA REAL TIME

Ulva Erida Nur Rochmah, Aris Rakhmadi

Abstract


Abstrak

Mendekorasi ruangan merupakan kegiatan  yang memakan banyak waktu dan tenaga, terutama jika objek yang digunakan besar dan berat. Akan merepotkan jika seseorang harus menggeser setiap objek untuk menentukan letak yang sesuai. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan aplikasi berbasis Augmented Reality. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual dengan cara menampilkan objek-objek virtual di dunia nyata secara real time. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu aplikasi Android dengan menggunakan Augmented Reality yang dapat digunakan untuk menggantikan objek nyata dengan objek virtual 3D sehingga memudahkan pengguna dalam mensimulasikan dekorasi ruangan. Aplikasi ini bekerja dengan cara memindai marker yang sudah dicetak pada selembar kertas. Jika marker telah terdeteksi, objek 3D berupa perabot akan ditampilkan di kamera aplikasi. Pengguna dapat memindah lokasi, memutar, dan mengubah ukuran objek untuk mensimulasikan tata letak ruangan. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Android berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan untuk mensimulasikan dekorasi ruangan secara real time.

Kata Kunci: augmented reality, dekorasi, interior, marker

Abstract

Decorating the room is an activity that takes a lot of time and effort, especially if the object is large and heavy. It would be inconvenient if someone has to drag each object to determine the appropriate location. This problem can be avoided using an Augmented Reality-based application. Augmented reality is a technology that combine the real world and the virtual world by displaying virtual object in real world. The main purpose of this research is to create an Android application using Augmented reality  that can be used to replace the real object with virtual 3D object, making it easier for the user to simulate the decoration of the room. This application works by scanning the marker that has been printed on a paper. If marker is detected, 3D object such as furniture will be displayed on the application’s camera. User can move the location of the object, rotate and resize the object to simulate the layout of the room. The result of this research is an Augmented Reality-based Android application that can be used to simulate the decoration of the room in real time.

Keywords: augmented reality, decoration, interior, marker


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Dwi Retno Sri. 2010. Antara Desain Interior dan Dekorator Interior. http://staff.uny.ac.id/dosen/dwi-retno-sri-ambarwati-ssn-msn [Diakses pada 15 Juni 2016]

Kim, Y. G., & Kim, W. J. (2014). Implementation of Augmented Reality System for Smartphone Advertisements. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 9(2), 385–392.

Patkar, R. S. . S. P. S. S. V. B. (2013). Marker Based Augmented Reality Using Android OS. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 3(5), 64–69.

Khairnar, K., Khairnar, K., Mane, S., & Chaudhari, R. (2015). Furniture Layout Application Based on Marker Detection and Using Augmented Reality. International Research Journal of Engineering and Technology, 2(7), 540-544.

Phan, V. T. (2010). Interior Design in Augmented Reality Environment.

International Journal of Computer Applications (0975 - 8887), 5(5), 16–21.

Jani, B. Y., Dahale, Pratiksha., Nagane, Ankita., Sathe, Bhavika., Wadghule, Nilam. 2015. Interior Design in Augmented Reality Environtment. International Journal of Advance Research in Computer and Communication Engineering, 4(3), 286-288.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i4.1174

Article Metrics

Abstract view : 652 times
PDF - 901 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.