Implementasi Levenshtein Distance Pada Aplikasi Pencarian Barang Di Berbagai E-Marketplace Menggunakan Teknik Web Scraping

Ahmad Khairun Arsyad, Bambang Pramono, Isnawaty S.Si., M.T, Muhammad Yamin, Ihsan Sarita

Abstract


Pola pembelian barang masyarakat dicendrungi oleh harga yang murah dan kualitas yang baik. Dengan banyaknya berbagai macam emarketplace saat ini akan mengakibatkan tumpang tindih harga terhadap barang promosi yang sama pada e-marketplace yang berbeda. Hal ini akan membuat konsumen tidak efisien dalam membandingkan barang yang akan dibeli mengingat barang tersebut juga terdapat pada e-marketplace lainnya yang juga mungkin memiliki harga lebih rendah. Berdasarkan hal ini maka dibuatlah aplikasi search engine yang dapat melakukan pencarian terhadap barang yang sama dibeberapa e-marketplace.

Untuk membuat aplikasi ini maka diimplementasikan sebuah metode pencarian string yang memadukan data dari beberapa e-marketplace yang akan dipasang pada search engine. Salah satu metode yang tepat adalah Levenshtein Distance dengan teknik web scraping unuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian kata pada search engine dan output hasil pencarian memiliki kesesuaian yang baik bila  nilai kesesuaian berada diatas 0.67 dalam jarak 0.0-1.0.


Full Text:

PDF

References


N. H. Ariyani, Sutardi, and R. Ramadhan, “Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Dokumen Menggunakan Metode Levenshtein Distance,†semanTIK, vol. Vol 2, no. 1, pp. 279–286, 2016.

B. P. Pratama and S. A. Pamungkas, “Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks,†J. “LOG!K@,†vol. 6, no. 2, pp. 131–143, 2016.

P. M. Panjaitan, “Sistem Monitoring Cuaca dan Identifikasi Keadaan Cuaca Menggunakan Teknik Web Scraping,†UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, 2018.

Y. W. Syaifudin, A. Ferti Syafiandini, and H. R. Prisadana, “Aplikasi Pencarian Penjualan Laptop Menggunakan Teknologi Web Scraping,†Jip, vol. 4, no. 4, pp. 246–251, 2018.

M. S. Utomo, “Web Scraping pada Situs Wikipedia menggunakan Metode Ekspresi Regular,†J. Teknol. Inf. Din., vol. 18, no. 2, pp. 153–160, 2013.

Tim APJII, “Potret Zaman Now Pengguna dan Perilaku Internet Indonesia,†BUletin APJII, pp. 1–7, 2018.

P. Winardi, M. I. Abdillah, D. Hermanto, and E. P. Widiyanto, “Analisis Perbandingan Performa Web Server Berbasis PHP dan Web Server Berbasis Python Twisted,†no. x, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 1175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â