Sistem Informasi Manajemen Kerja Praktek Mahasiswa (Studi Kasus: Universitas Yapis Papua)

Sitti Nur Alam, Mohammad Aldrin Akbar

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan pelaksanaan kerja praktek mahasiswa di Universitas Yapis Papua. Proses manajemen data dan informasi perlu dilakukan oleh pihak program studi dengan mengefektifkan kinerja dosen pembimbing serta perluasan informasi pelaksanaan kerja praktek kepada pihak program studi dan mahasiswa di lingkungan kampus. Pada pelaksanaannya, sudah ada mekanisme manajemen tetapi belum ada implementasi sistem yang memanfaatkan teknologi informasi, sehingga keberhasilan kerja praktek mahasiswa menjadi sulit terpantau. Penelitian ini fokus pada pengembangan sistem informasi kerja praktek mahasiswa berdasarkan roadmap pelaksanaan kerja praktek di Universitas Yapis Papua dan penyusunan laporan serta ujian dan penilaiannya, di mana: (1) roadmap, akan mengelola data tahapan, waktu, dan indikator, (2) progres laporan mengelola progres dan waktu penyusunan laporan, (3) pengelola kriteria penilaian untuk tim dosen dan Universitas Yapis Papua sebagai standar penilaian ujian, dan (4) pengelolaan jadwal ujian. Sistem akan dikembangkan menggunakan tahapan-tahapan pada metode waterfall dengan permodelan sistem terstruktur menggunakan data flow dan entity relationship diagram. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi manajemen kerja praktek untuk mengolah data guna mendapatkan informasi dari pelaksanan kerja praktek di instansi berupa masalah-masalah, pencatatan topik kerja praktek, bimbingan, jadwal ujian, revisi hingga perolehan nilai.


Full Text:

PDF

References


Pressman S. Roger, 2002. “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu)â€. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Wasson, C. S. 2016. System Enginnering Analysis, Design, and Developement: concepts, principles, and practices.Wiley : USA.

McLeod, R. Jr. and Schell, G. P. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10, Salemba Empat : Jakarta.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Komputer. Pertama Graha Ilmu.

Rosa A.S. 2016, Rekayasa Perangkat Lunak Tersrtuktur dan Berorientasi Objek. Informatika, Bandung.

Maere, 2015. “Impact of management information systems (MIS) on school administrationâ€. World Conference on Educational Sciences. Elsevier.

Mukerjee, Sheila, 2012. “Student information systems – implementation challenges and the road aheadâ€. Journal of Higher Education Policy and Management. Vol.34, issue 1

Karim, AJ,, 2011. “The significance of management information systems for enhancing strategic and tactical planning†. Journal of Information Technology and Technology Management. ISSN 1807-1775.

Shah, M, 2013. “Web based student information management system in universities: experiences from mzuzu university.†Mzuzu University Annual Report.

McLeod, R., Jr. and Schell, G., P., 2008. Management Information Systems. Issue 10, Salemba Four, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â