Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Korps Sukarelawan (KSR) Dengan Metode Simple Additive Weighthing (SAW)

Saifuddien Zhuhri, Kusuma Hati, Widiya Chandra

Abstract


Seleksi penerimaan calon anggota Korps Sukarelawan (KSR) di PMI Jakarta Barat merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan kejelian dan selektif dalam penilaiannya. Saat ini seleksi penerimaan calon anggota KSR di PMI Jakarta Barat dilakukan berdasarkan penilaian seadanya dan tidak jarang juga keputusan yang diambil itu tidak tepat dan menimbulkan perbedaan pendapat sehingga dapat menimbulkan kinerja anggota KSR kurang optimal. Karena itu diperlukan Sistem pendukung keputusan yang dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk memudahkan pemilihan calon anggota KSR. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (SAW) dengan tahapan yaitu penentuan rating kecocokan, tahap normalisasi dan perhitungan preferensi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan penerimaan calon anggota KSR dapat membantu memudahkan calon anggota dan panitia dalam proses penilaian anggota KSR, sehingga laporan hasil penilaian calon anggota KSR yang layak menjadi anggota KSR kepada ketua PMI Jakarta Barat merupakan data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Full Text:

PDF

References


S. Kadarsah and M. A. Ramdhani, Sistem Pendukung Keputusan : Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

A. Triwahyuni, M. R. Septiawan, R. and M. , "Sistem Pendukungkeputusan Penentuan Karyawan Terbaik Carrefour Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," Jurnal Informatika, vol. 15, no. 1, pp. 66-80, 2015.

A. H. Wijaya and H. Mustafidah, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lulusan Mahasiswa Terbaik dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto," in SENATEK, Purwokerto, 2015.

W. Supriyanti, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW," CITEC Journal, vol. 1, no. 1, pp. 67-75, 2013.

H. Wibowo S, R. Amalia, A. Fadlun M and K. Arivanty, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank Bri Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia)," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2009.

T. Mufizar, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," CSRID Journal, vol. 7, no. 3, pp. 155-166, 2015.


Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â