SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KELAYAKAN LABORATORIUM TKJ MENGGUNAKAN METODE SAW

Leni Anggraeni, Muhamad Muslihudin, Erma Dwiyani

Abstract


SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa sesuai dengan program kejuruanya. SMK yang berkualitas ditinjau dari kelayakan sarana dan prasarana yang membantu mengembangkan ketrampilan siswa dalam proses belajar sehingga dapat memenuhi standar UKK. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting sebagai basis dalam pengolahan data untuk menentukan kelayakan Lab TKJ. Hal ini memungkinkan sistem yang dapat memberikan perankingan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, dengan pembobotan nilai yang dilakukan dalam sistem ini akan mempermudah untuk menentukan layak atau tidaknya sekolah untuk mengikuti program UKK. Pada penelitian ini digunakan lima alternatif sebagai sampel yang akan diuji kelayakan laboratorium TKJ untuk mengetahui kualitas laboratorium  yang dimiliki SMK terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari PC Server, PC Client, Sistem Jaringan, Software, Ruangan, Peralatan Tambahan,Kelayakan Kursi dan Jarak meja, dimana jika memenuhi semua kriteria tersebut dengan baik maka dikatakan Sangat Layak jika kurang memenuhi berarti Kurang Layak dan jika sedang berarti layak.

Full Text:

PDF

References


Statistik., B. P, 2006. Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. Retrieved from https://surabayakota.bps.go.id/statictable/2016/01/26/516/banyaknya-industri-besar-sedang-dan-tenaga-kerja-dirinci-menurut-golongan-industri-2005-2014.html

Pratama, N. H., 2011, Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kartanti, L. L., 2012, Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Administrasi Laboratorium Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Klaten Berbasis Web.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. (F. S. Suyantoro, Ed.) Ed. 1, Andi Offset, Yogyakarta.

S. Mukodimah, M. Muslihudin, and A. Maseleno, “Implementasi Weighted Product Untuk Mengukur Indeks Kinerja Kepala Desa Di Kecamatan Pringsewu,â€

........“Implementasi Weighted Product Untuk Mengukur Indeks Kinerja Kepala Desa Di Kecamatan Pringsewu,â€

Undang-Undang. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 Tahun 2003. Indonesia.

Pemerintah, P. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 1980 Tentang Pokok-Pokok Organisasu Universitas/Institut Negeri.

S. Mukodimah, M. Muslihudin, A. Andoyo, S. Hartati, and A. Maseleno, “Fuzzy Simple Additve Weighting and its Application to Toddler Healthy Food,†no. August, 2018.

Pemerintah, P. Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008.


Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â