Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile

Yiyi Supendi, Irwin Supriadi, Agustinus A. W. Isto

Abstract


Presensi perkuliahan merupakan suatu elemen terpenting melakukan kegiatan belajar mengajar dalam perkuliahan, kehadiran mahasiswa merupakan bukti bahwa mahasiswa tersebut telah hadir dalam perkulihaan. Presensi juga merupakan salah satu elemen penilaian mahasiswa yang sudah ditetapkan oleh perguruan tinggi.Kecurangan dalam presensi yang terjadi saat kegiatan perkuliahan di Universitas Langlangbuana menyebabkan ketidakadilan di kalangan mahasiswa, sehingga banyak mahasiswa yang merasa keberatan dengan nilai akhir yang diberikan oleh dosen. Metode yang  diterapkan  dalam  pengembangan aplikasi presensi berbasis mobile dengan menggunakan teknologi scan QR code adalah metode prototype. Metode ini diambil untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user. Dengan teknologi QR Code akan memudahkan proses presensi berjalan otomatis dan terkomputerisasi serta akan meminimalisir kecurangan mahasiswa dalam proses absensi, karena QR Code akan berubah setiap pertemuan. Sistem yang dihasilkan memiliki fitur scanning QR Code dari aplikasi yang ada di Smartphone mahasiswa dan akan terekam dalam database yang ada di server universitas

Full Text:

PDF

References


Fitrianto, Purnomo, 2007, Komputerisasi Presensi Siswa Berbasis SMS Barcode di SMA Negeri 3 Purworejo, Tugas Akhir, Program Diploma III Ilmu Komputer, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hermanto, Nandang, Nurfaizah, dan Nur Rahmat Dwi Riyanto, 2019, Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Android, Jurnal SIMETRIS, Vol. 10 No. 1, hal 107-116.

Putri, Danindya Puput Muliana dan Heru Supriyono, 2019, Rancang Bangun Sistem Presensi Berbasis QR Code Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Kehadiran Asisten Praktikum), Jurnal INSYPRO, Vol. 4 No. 1, hal 1-9.

Fatta, H. Al, 2007, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Heriawati, 2011, Menggunakan UML, Informatika, Bandung.

James A. H., 2007, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4, (diterjemahkan oleh: Dewi Fitriasari dan Deny Kwary Arnos), Salemba Empat, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 2733 times
PDF - 3902 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â