Sistem Deteksi Sudut Gawang dengan Teknik Pengolahan Citra Digital berbasis LabVIEW

Ida Udlhiya, Bambang Supriyo, Eni Dwi Wardihani

Abstract


Dengan kemajuan teknologi pengolahan citra digital yang semakin pesat, maka dapat mempermudah kehidupan manusia, dan banyak aplikasi yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang teknologi robotika. Dalam bidang robot sepak bola, salah satu permasalahan yang harus diselesaikan untuk membuat sebuah robot adalah kamera pada robot mampu mengenali gawang dengan baik. Dari permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini dirancang sebuah deteksi gawang berbasis Teknik Pengolahan Citra Digital. Variabel yang digunakan untuk penelitian ini adalah jarak kamera dan sudut kamera terhadap gawang. Metode deteksi sudut yang digunakan adalah Harris, Shi-Tomasi, dan FAST. Pada pengujian metode deteksi sudut, metode yang paling efektif adalah Harris, karena hanya membutuhkan waktu komputasi dengan nilai rata-rata 2,6 ms pada variabel jarak dan sudut kamera terhadap gawang. Dari keseluruhan pengujian didapatkan hasil jarak minimum kamera untuk mendeteksi sudut gawang adalah 260 cm dan jarak maksimum kamera 320 cm terhadap kamera, sedangkan sudut kamera yang ideal untuk mendeteksi sudut gawang adalah sudut bingkai gawang yang berada di posisi tengah citra gawang.

Full Text:

PDF

References


T. KRSBI, 2017, Buku Kontes Robot Sepak bola Indonesia Divisi Beroda (KRSBI Beroda) 2018, Ristekdikti: Jakarta.

A.H. Dahlan, Muhtadin, M.P. Hery, dan I. Laenur, 2014, Deteksi Fitur dan Penentuan Lokasi Robot Pemain Sepak Bola berbasis Penanda yang Tidak Unik, Indonesian Symposium on Robot Soccer Competition 2014, hal 168-172.

T. Chin, Tsai, dan P. Cheng, 2008, Vision-based Distance and Area Measurement System, WSEAS Transactions on Signal Processing. Vol.4, hal 36-43.

A. Gudi, P. De Kok, G.K. Methenitis, dan N. Steenbergen, 2013, Feature Detection and Localization for the RoboCup Soccer SPL, University of Amsterdam Journal, Vol.7, No.2, hal 5-8.

H. Mandala, E.R. Jamzuri, dan H. Soebhakti, 2016, Sistem Deteksi Bola Berdasarkan Warna Bola dan Background Warna Lapangan pada Robot Barelang FC, The 4th Indonesian Symposium on Robot Soccer Competition.

R.D. Kusumanto, A.N. Tomponunu, dan W.S. Pambudi, 2011, Klasifikasi Warna Menggunakan Pengolahan Model Warna HSV, Jurnal Ilmiah Elite Elektro, Vol.2, No.2, hal 83-87.

A. Amaricai, C.E. Gavriliu, dan O. Bancalo, 2014, An FPGA Sliding Window-Based Architecture Harris Corner Detector, 24th International Conference on Field Programmable Logic and Applications (FPL), hal 1-4.

L. Sun, S. Wang, dan J.C. Xing, 2014, An Improved Harris Corner Detection Algorithm for Low Contrast Image, The 26th Chinese Control and Decision Conference, Vol.26, No.2, hal 712-715.

C.G. Harris and M. Stephens, 1988, A Combined Corner and Edge Detector, Plessey Research Roke Manor: United Kingdom.


Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â