Sistem Analytical Electronic Customer Relationship Management Pada PT. Subur Raja Roda Sejahtera

Addy Kurniawan S., Wina Witanti, Herdi Ashaury

Abstract


Persaingan bisnis yang semakin kuat dan banyaknya perusahaan distributor ban di setiap daerah, membuat para pemilik usaha berusaha memberikan layanan jasa dan harga yang murah untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini dikarenakan bahwa mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit dibandingkan dengan mencari pelanggan baru, namun terdapat beberapa permasalahan terkait pengolahan data pelanggan dimana perusahaan kesulitan mengatur data pelanggan, penyebaran informasi promo dan kontak pelanggan tidak lengkap maka permasalahan inilah yang membuat perusahaan kesulitan dalam mempertahankan pelanggan yang potensial bagi perusahaan. Sistem yang dapat mengelola, menyajikan data pelanggan dan promosi sehingga perusahaan mengetahui pelanggan tersebut termasuk pelanggan potensial bagi penjualan atau tidak, menjadi hal yang diperlukan saat ini. Data pelanggan yang terorganisasi dengan baik dan dapat menampilkan peluang di setiap penjualan menjadi tujuan penelitian ini, sehingga dirancanglah sistem Analytical Electronic Customer Relationship Management (CRM) untuk lebih mempermudah, mencatat dan memilih data selama proses penjualan serta membantu dalam membina hubungan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini adalah rancangan sistem Analytical e-CRM yang diimplementasikan dalam sebuah aplikasi.


Kata Kunci: sistem informasi, pelanggan, Analytical e-CRM


Full Text:

PDF

References


I. Kholil, “Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Online,†Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, 2017.

T. Yanuar, I. Darmawan dan T. N. Adi, “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan untuk CV. Perceka,†Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2016.

F. O. Nugraha, W. W. dan A. K. , “Pembangunan Sistem Customer Relationship Management pada PT.Central Georgette Nusantara,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2017.

I. D. A. E. Yuliani dan S. M. Kuway, “Sistem Informasi Pemesanan Dengan Penerapan Konsep Electronic Customer Relationship Management Berbasis Web,†CCIT Journal, vol. 10 No.1, 2017.

V. R. Hananto, A. D. Churniawan dan A. P. Wardhanie, “Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan,†Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA (JITIKA), vol. 11, p. 1, 2017.

C. D. Rumiarti dan I. Budi, “Segmentasi Pelanggan pada Customer Relationship Management Di Perusahaan Ritel: Studi Kasus PT Gramedia Asri Media,†Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information Systems), vol. 1/13, pp. 1-10, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,†Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â