PENERAPAN UBIQUITIOUS SISTEM AUGMENTED REALITY UNTUK MENDETEKSI WARNA OBYEK BERBASIS ANDROID

Muhammad Mukmin, Mohamad Arif Suryawan, Sandi Ardiansyah

Abstract


Buta warna merupakan suatu kelemahan persepsi penglihatan yang terjadi pada mata. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem uji buta warna yang dapat dilakukan kapansaja dan dimanasaja (Ubiquitious), dan memudahkan pengguna terkhusus penderita buta warna untuk mendapatkan informasi warna berbasis Augmented Reality yang diaplikasikan pada handphone android secara real-time. Dengan menggunakan citra Ishihara 14 plates sebagai patokan dalam membangun aplikasi uji buta warna dan 20 sample warna yang telah dikonversi nilai Red Green Blue (RGB) ke Cyan Magenta Yellow (CMYK) guna keperluan pencetakan sample warna. Untuk mengetahui informasi warna melalui handphone digunakan Algoritma centre-point camera kemudian dilakukan konversi warna dari YUV ke RGB dan RGB ke Hexa triplet. Pengujian program deteksi warna menggunakan handphone android dengan kejataman kamera 5 mpx diperoleh data bahwa program dapat mengenali sample warna yang ada dengan perbandingan persentase sebesar 84% warna dasar dan 48% warna detail pada jarak deteksi 5 cm, 87% warna dasar dan 43 % warna detail pada jarak deteksi 10 cm, 79% warna dasar dan 30% warna detail pada jarak deteksi 25 cm, 72% warna dasar dan 23% warna detail pada jarak deteksi 50 cm. Sistem ini dapat digunakan untuk membantu masyarakat dalam mendeteksi buta warna sejak dini kapansaja dan dimanasaja, dan program aplikasi deteksi warna dapat digunakan sebagai alternatif bantuan bagi penderita buta warna untuk mengetahui warna yang diinginkan.

Full Text:

PDF

References


Huang,Jia-Bin et.al., 2009, IMAGE RECOLORIZATION FOR THE COLORBLIND Jia-Bin Huang, Chu-Song Chen Academia Sinica Institute of Information Science Tzu-Cheng Jen, Sheng-Jyh Wang National Chiao Tung University Institute of Electronics Engineering, IEEE International Conference on Acoustics, Speech and Signal Processing, pp.1161–1164.

Ananto, B.S., 2011. Implementasi Sistem Bantuan Penderita Buta Warna: Desain Antarmuka Pengguna, Sistem Tes Buta Warna Dengan Ishihara, Dan Transformasi Warna Pada Sistem Realitas Tertambah. Skripsi. Fakultas Teknik Prodi. Teknik Informatika Univeritas Indonesia.

Harwahyu, R. et al., 2013. Implementation of color-blind aid system. Journal of Computer Science, 9(6), pp.794–810.

Lee, J. & Santos, W.P. dos, 2010. An Adaptative Fuzzy-Based System to Evaluate Color Blindness. proceedings IWSSIP 2010 - 17th International Conference on Systems, Signals and Image Processing.

Masra, S.M.W., Shafiee, A.A.M.A. & Muhammad, M.S., 2013. Color Blind Image Correction. , (3), pp.978–981.

Kulshrestha, R. & Bairwa, R.K., 2013. Removal of Color Blindness using Threshold and Masking. 3(6), pp.218–221.

Swedia, E.. & Cahyanti, M., 2010. Algoritma Transformasi Ruang warna.


Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â