Pendataan Suhu, Kelembaban dan Intensitas Cahaya Menggunakan Robot Line Follower ATMega 328

Asep Saefullah, Eliando Kilapong, Ary Budi Warsito, Handri Samanta

Abstract


Pendataan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya menjadi suatu yang sangat penting diketahui secara real time untuk mengambil suatu tindakan tepat atas kondisi tertentu. Kondisi tertentu dimaksudkan suatu subjek yang diamati dari waktu ke waktu, subjek dapat berupa tempat budidaya jamur tiram, kandang peternakan ayam, tempat penetas telur dan lain sebagainya yang terkait dengan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya. Data ini menjadi sangat penting ketika terjadi perubahan suhu, kelembaban maupun pencayahayaan dari standar yang telah ditetapkan untuk subjek tertentu dalam penelitian ini berupa green house. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah prototype jenis I, prototype ini memberikan ide bagi pembuat maupun pemakai potensial tentang cara sistem akan berfungsi dalam bentuk lengkapnya. Sensor suhu, kelembaban menggunakan DHT11, sedangkan sensor cahaya menggunakan Light Dependent Resistor (LDR), data yang diperoleh dari sensor tersebut diproses dalam arduino uno berbasis Atmega 328. Keluaran dari arduino uno ada dua, keluaran pertama diberikan ke motor penggerak robot dan keluaran kedua diberikan ke bluetooth sebagai komunikasi dengan interface gadget. Hasilnya berupa capture data dari suhu, kelembaban dan intensitas cahaya yang ditampilkan secara real time pada interface gadget melalui media bluetooth yang dapat dipergunakan untuk memantau pergerakan data.


Full Text:

PDF

References


T. K. Hariadi, “Sistem Pengendali Suhu, Kelembaban dan Cahaya Dalam Rumah Kaca,†J. Ilm. Semesta Tek., 2007.

Syafriyudin and N. T. Ledhe, “Analisis pertumbuhan tanaman krisan pada variabel warna cahaya lampu led,†J. Teknol., 2015.

S. K. Dewi, R. D. Nyoto, and E. D. Marindani, “Perancangan Prototipe Sistem Kontrol Suhu dan Kelembaban pada Gedung Walet dengan Mikrokontroler Berbasis Mobile,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., 2018.

S. Sawidin, O. Engelin Melo, and T. Marsela, “Monitoring Kontrol Greenhouse untuk Budidaya Tanaman Bunga Krisan dengan LabView,†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., 2016.

A. Wibowo and Z. Arifin, “PERANCANGAN ROBOT LINE FOLLOWER PEMADAM API BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16,†Inform. Mulawarman  Februari, 2014.

G. D. Everett and R. McLeod, Software Testing: Testing Across the Entire Software Development Life Cycle. 2006.

R. . Firmansyah and S. . Bagaskara, “Penerapan Modul RF 433 dalam Pengukuran Intensitas Cahaya Menggunakan Sensor LDR Berbasis Arduino,†Ina. Indones. J. Electr. Eletronics Eng., 2018.

S. V. Kiri and L. A. S. Lapono, “OTOMATISASI SISTEM IRIGASI TETES BERBASIS ARDUINO NANO,†J. Fis. Sains dan Apl., 2017.

Utara, “Arduino nano ATmega 328,†Arduino nano ATmega 328, 2008.

A. K. Tsauqi et al., “Saklar Otomatis Berbasis Light Dependent Resistor ( LDR ),†Ldr, 2016.

T. D. S. Suyadhi, Buku Pintar Robotika Bagaimana Merancang dan Membuat Robot Sendiri, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2010.


Article Metrics

Abstract view : 2560 times
PDF - 887 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â