Virtual Account and Tracer Digital Student School Payment using Android-Based

Lusiana Efrizoni, Rhendy Kartana Soemanov, Yoyon Efendi

Abstract


          Setiap siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan, wajib melakukan pembayaran seperti uang masuk, uang pembangunan, uang prakerin dan uang iuran SPP. Pada akhir semester bendahara sekolah akan melakukan mengecekkan ulang terhadap pembayaran yang dilakukan oleh siswa. Kadang-kadang siswa yang telah membayar tidak dapat menunjukkan bukti pembayaran kepada bendahara. Hal ini berakibat adanya kesalahpahaman antara orang tua siswa dengan pihak sekolah sewaktu pengambilan raport. Orang tua merasa sudah melakukan pembayaran, sementara pihak sekolah menyatakan bahwa siswa belum melakukan pembayaran uang sekolah. Sistem pembayaran yang masih manual membuat rekam jejak tagihan (Invoice) pembayaran yang menjadi penyebab masalah ini. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang ada, dirancang sebuah aplikasi yang mampu memberikan validasi data pembayaran dari pihak sekolah ke pihak orang tua/siswa. Aplikasi ini dibangun berbasis Android platform yang menggunakan Virtual Account dan Tracer Digital, Virtual Account merupakan nomor identifikasi yang bersifat unik bagi orang tua dan siswa, yang dibuat oleh pihak sekolah. Sedangkan Tracer Digital adalah pelacakan rekam jejak data yang bersifat digital dimana data tersebut akan disimpan di server. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu orang tua siswa dalam memantau pembayaran. Aplikasi ini juga mampu memberikan data yang lebih valid dan pihak sekolah dapat melakukan pengarsipan secara digital.


Full Text:

PDF

References


WebFinance Inc., 2018, What is tracer? definition and meaning – BusinessDictionary.com. Retrieved September 18, 2018, from http://www.businessdictionary.com/ definition/tracer.html (Diakses pada tanggal 18 September 2018).

Juansyah, A.,2015, Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Asisted–Global Positioning System(A-GPS)Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA),1(1),1-8.

Anisa Rachmawati, Arief Laila Nugraha, M. A., 2017, Desain Aplikasi Mobile Informasi Pemetaan Jalur Batik Solo Trans Brbasis Android Menggunakan Location Based Service., 6(April), 46–55.

Oracle Financial services, 2018, “Virtual Accountâ€, white paper – Enabling Lean Safaat

Zaenal Arifin, 2013, Rancang Bangun E-Billing System Melalui Virtual Account Bank BCA Pada PT. Dian Ikrar Perkasa, PublicationURL:https://digilib.esaunggul.ac.id/rancang-bangun-ebilling-system-melalui-virtual-account-bank-bca-pada-pt-dian-ikrar-perkasa-7629.html

M. Shallahuddin A.s Rosa, 2014, Rekayasa Perangkat Lunak dan Berorientasi Objek, Bnadung: Informatika


Article Metrics

Abstract view : 350 times
PDF - 923 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â