Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web di Kelurahan Sangiang Jaya

Dedi Dedi, Muchamad Iqbal, Wahyu Fahroji

Abstract


Kantor Kelurahan Sangiang Jaya, merupakan salah satu pelaksana wilayah yang mempunyai tugas pokok melaksanakan berbagai urusan Pemerintahan Kota Tangerang. Kantor ini memiliki tugas untuk melayani masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, mendahulukan dan memprioritaskan berbagai program pemberdayaan penduduk, kemudian juga sebagai aparatur pemerintah yang mengatur wilayahnya untuk tetap tertib dan aman, serta melaksanakan pembangunan penduduk yang lebih maju. Tetapi, kantor Kelurahan Sangiang Jaya memiliki beberapa permasalahan yang harus dibenahi, seperti kurang baiknya pendataan dan informasi, masih lambatnya manajemen pembuatan surat pengantar untuk KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), surat kelahiran, dan surat kematian. Proses-proses yang dilalui saat ini dirasa cukup rumit dan memakan waktu dalam proses pembuatannya. Berdasarkan analisis tersebut, diperlukan penelitian untuk membuat suatu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan yang bisa mempermudah berbagai permasalahan di Kelurahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode prototype, dimana sistem informasi dibuat mendekati kebutuhan riil di lapangan yang siap untuk digunakan. Perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language), dan aplikasi yang dibuat berbasis web. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ini mampu memudahkan pengguna yaitu Kantor Kelurahan Sangiang Jaya, dalam mempercepat proses administrasi. Aplikasi ini juga mampu menyimpan dokumen arsip sehingga memudahkan pencarian dokumen.


Full Text:

PDF

References


Bactiar, D. dan Atikah, 2019, Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang, Jurnal SISFOTEK Global ISSN: 2088-1762 Vol. 5 No.1/Maret.

Arif, M., 2016, Bahan Ajar Rancangan Teknik Industri, Deepublish, Yogyakarta.

Darmawan, D., dan K. N. Fauzi, 2013, Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ardhana, Y. M. K., 2016, Framework PHP Yii 2 Develop Aplikasi Web dengan Cepat dan Mudah, Jasakom, Jakarta.

Hikmah, A.B., D. Supriadi dan T. Alwiyah, 2015, Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus: Web Dealer Motor, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Hutahean, J., 2014, Konsep Sistem Informasi, Deepublish, Yogyakarta.

Kadir, A., 2013, Pemrograman Data Base MySQL Untuk Pemula, Mediakom, Yogyakarta.

Kristanto, A., 2018, Perancangan Sistem Informasi dan Apikasinya (Edisi Revisi), Gava Media, Yogyakarta.

Rosa dan Shalahudin, 2016, Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika, Bandung

Rusdiana dan M. Irfan, 2014, Sistem Informasi Manajemen, CV Pustaka Setia, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 3161 times
PDF - 6916 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â