Pengelolaan Data Inbound Gudang Barang Masuk pada PT Nagasakti Paramashoes Industry

Achmad Sidik, Syaipul Ramadhan, Sutarman Sutarman, Amanda Farlian Yulianto

Abstract


PT Nagasakti Paramashoes Industry merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang sepatu merek League dan Legas yang merupakan sepatu merek lokal. Pengecekan inbound gudang barang masuk yang digunakan oleh PT Nagasakti Paramashoes Industry masih dilakukan secara manual, sehingga kurang efisien dalam mengetahui informasi-informasi maupun pendataan stok barang. Metode perancangan sistem informasi inbound gudang barang masuk yang digunakan penulis adalah Object Oriented Analisys Design dengan menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL dan Navicat. Hasil penelitian ini yaitu sistem informasi inbound gudang barang masuk yang berguna untuk mempermudah pendataan stok barang serta membuat laporan bagi para user, dan juga memudahkan pendataan barang masuk bagi operator gudang agar lebih cepat dan tepat sehingga mempercepat pencarian data stok barang dan membantu dalam pembuatan laporan yang lebih akurat, cepat, dan efisien.

 

Kata Kunci— Object Oriented Analisys Design, Inbound Barang Masuk, Scan Barcode.

Full Text:

PDF

References


Komara, K., 2014, Studi Deskriptif Aktivitas Inbound Outbound Logistik Pada Ud Sumber Baru Di Jember Calyptra, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.1 hal. 1-23.

Kristiawan, E., dan Tarigan, Z. J. H., 2014, Penerapan Inbound Logistik Pada Pt. Mekar Armada Jaya Di Magelang Dengan Pendekatan Konsep Supply Chain Management, AGORA Vol. 2, No. 1,

Bagir, Mo & Putro, Bramantiyo. (2018). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pergudangan di CV. Karya Nugraha. Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri. 2. 20-29. 10.35194/jmtsi.v2i1.274.

Tendean, S., et.all, Penerapan Barcode pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus pada PO Sarana), Jurnal InTekSis Vol. 3 No. 2, hal. 19-29.

Jeperson, H, 2014, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ruasiana, A., dan Irfan, M., 2018, Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Anggraeni, E., dan Irviani, R., 2017, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Goesderi, L., 2018, Perancangan Sistem Informasi Inbound Data Barang, Delivery Order, Pending Barang Pada Perusahaan Ekspedisi, Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 9 (1): 1870-1871.

Syarifuddin, P., 2017, Operasional Manajemen Pergudangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Article Metrics

Abstract view : 472 times
PDF - 1701 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â