Rancang Bangun Sistem Informasi E-Government Berbasis Webgis Dalam Pembuatan Profil Desa

Yusran Yusran, Putri Purwati, Zuhra Sofyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi yang dapat menyajikan informasi profil desa Ulee Kareng di Kota Banda Aceh ke dalam sebuah peta digital berbasis web sehingga dapat membantu sektor pemerintahan. Adapun latar belakang dari penelitian ini diangkat dari kebutuhan akan adanya sebuah sistem yang dapat memberikan informasi menyeluruh kepada masyarakat mengenai profil desa. Untuk memudahkan akses dan menjelaskan letak dan batas administratif Ulee Kareng sekaligus menggabungkan dengan informasi lainnya terkait profil desa, maka bentuk yang paling sesuai adalah dengan mengintegrasikannya menjadi sebuah sistem informasi Geografis berbasis web. Untuk desa yang ada di Banda Aceh khususnya, sistem informasi profil desa belum terintegrasi dengan GIS. Penelitian ini menggunakan metode prototype untuk pengembangan sistem dan metode system usability scale (SUS). Dalam pengujian kelayakan, hasil evaluasi penilaian yang dilakukan terhadap website GIS untuk menampilkan profil desa mendapatkan skor 83 maka termasuk dalam grade A dengan rating excellent, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna untuk mendapatkan layanan informasi. Diharapkan sistem yang dibangun dapat menjadi model dalam pengembangan Web GIS terintegrasi dengan informasi profil desa lain di Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References


E-Government Mengapa Tidak?, 2015, Serambi News, http://www.serambi.com, diakses tgl 13 Mei 2019.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Desa Dan Kelurahan

Sekeon, N. D., Rindengan, Y. D., & Sengkey, R., 2016, Perancangan SIG Dalam Pembuatan Profil Desa Se-Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(1), 49-59.

Kusnadi, D., & Ma’ruf, J., 2017, Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan Dan Potensi Kelurahan (Studi Kasus: Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5, 37-44.

Mulyani, S., 2014, Analisis Dan Perancangan Sistem, Abdi Sistematika, Bandung, Hal.26

Teja, B. S., Rao, K. V., Navatha, Y., Shukla, R., & Kumar, P. S., 2020, Developing Of Geoweb Application For Urban Planning. In Applications Of Geomatics In Civil Engineering (Pp. 539-545). Springer, Singapore.

Pudjoatmodjo, B., & Wijaya, R., 2016, Tes Kegunaan (Usabilty Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usabilty Scale (Studi Kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Bandung). SEMNASTEKNOMEDIA Online, 4(1), 2-9.Yogyakarta, 6-7Februari 2016 Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, ISSN : 2302-3805


Article Metrics

Abstract view : 509 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â