Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 SD Budi Luhur Pondok Aren

Fenty E.M.A,MKom, Rayi Pradono I.,MSc, Dewi Nurochmah

Abstract


Pemanfaatan Augmented Reality pada media pembelajaran yang bersifat interaktif bertujuan untuk menarik minat
belajar siswa dan membantunya memperoleh pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi mengenai
visualisasi proses fotosintesist. Aplikasi ini diberi nama PlantAR dan dikembangkan menggunakan metode
pengembangan aplikasi menggunakan IMSDD (Interactive multimedia system design and development) yang
mempunyai empat tahapan, yaitu (1) system requirement, yaitu mengumpulkan kebutuhan system yang akan
dikembangkan; (2) design consideration, yaitu membuat desain interaktif dari aplikasi PlantAR; (3) implementation,
yaitu membuat antarmuka interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan pembuatan Augmented Reality menggunakan
software 3DMax serta stage editor Openspace3D; (4) evaluation, ditinjau dari aspek interaksi manusia dan komputer,
kualitas perangkat lunak dan aspek manfaat pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi pembelajaran
fotosintesis ini dapat membantu siswa dalam mendapatkan visualisasi proses fotosintesis dengan pengalaman baru dan
menarik, serta membantu guru dan siswa dalam menciptakan proses pembelajaran fotosintesis secara berbeda dan
lebih menarik. Dari hasil kuisioner kepada 60 responden yang terdiri dari siswa kelas 5 SD Budi Luhur disimpulkan
bahwa 83% siswa menyatakan bahwa desain animasi 3D pada media pembelajaran PlantAR ini mudah digunakan
dan menarik minat belajar.
Kata Kunci: 3D, Visualisasi, Fotosintesis, Augmented Reality


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.