Analisis Ketertarikan Bermain Gamelan dengan Perangkat Lunak E-Gamelanku pada Remaja Menggunakan Metode Wilcoxon’s Sign Rank Test

Andika Budhi Wisdiantoro, Fatoni Kurniawan

Abstract


"> Gamelan merupakan suatu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia dimana cara memainkannya adalah dengan
mengetuk secara bersama-sama sehingga membentuk suara harmoni yang indah. Saat ini banyak remaja yang tidak mengenal
dan mengerti alat musik tradisional Gamelan, kebanyakan dari mereka lebih mengenal alat musik dari budaya asing seperti
guitar, biola, dan piano. Diusulkan sosialisasi yang dilakukan dibeberapa SMA di kota yang berbeda-beda sebagai wujud
pengabdian dan upaya meningkatkan kecintaan remaja dalam bermain gamelan. Dengan melakukan uji tingkat (Wilcoxon’s
Sign Rank Test) dalam tertarikan remaja terhadap memainkan gamelan sebelum dan sesudah melalui pelatihan dengan eGamelanKU. E-GamelanKU adalah sebuah perangkat lunak yang diadaptasi dari alat musik gamelan asli serta dapat
dimainkan secara bersamaan. E-GamelanKU tidak berbeda dengan gamelan aslinya karena suara, cara memainkan, dan
desainnya sama.
Kata kunci: Gamelan, Ketertarikan, Remaja, Sosialisasi, E-GamelanKU

Full Text:

PDF ()

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF () - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.