Model Pendidikan Keluarga Bagi Wanita Lokal Istri Ekspatriat dalam Menanamkan Nilai Budaya Lokal dan Nilai Positif Budaya Asing pada Anak

Sarif Syamsu Rizal, Budi Santoso, R. Arief Nugroho

Abstract


Makalah yang membahas model pendidikan keluarga bagi wanita lokal istri ekspatriat dalam menanamkan nilai budaya lokal dan nilai budaya asing pada anak  ini merupakan  hasil  penelitian kualitatif ethnografis. Paradigma kualitatif  ethnografis digunakan untuk  mendapatkan gambaran fenomena pendidikan keluarga wanita lokal Indonesia yang bersuamikan ekspatriat secara alamiah dan sesuai dengan latar tempat dan budayanya  dan  digunakan  untuk mendapatkan deskripsi menyeluruh tentang cara wanita lokal istri ekspatriat memberikan pendidikan keluarga kepada anak serta  melihat cara pandang dan bertindak masyarakat sesuai dengan kondisi tempat mereka, melalui pengamatan dan wawancara yang mendetil.   Hasil penelitian adalah  rancangan  model pendidikan keluarga bagi wanita lokal istri ekspatriat untuk menanamkan nilai budaya lokal dan nilai positif budaya asing pada anak  adalah  model konseptual dan model prosedural. Model  konseptual  merupakan deskripsi verbal sebuah pandangan atas realitas. Model  ini  bersifat deskriptif yang mendeskripsikan peristiwa relevan berdasarkan proses deduktif dari logika atau analisis dan juga kesimpulan dari observasi.  Model prosedural  berbentuk preskriptif yang didefinisikan dengan aturan yang jelas tentang kegiatan-kegiatan,tindakan, tugas, dan hasil kerja yang diperlukan untuk mengembangkan softskill berkualitas tinggi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.