Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Publikasi Materi Ajar Secara Online

Rifiana Arief, Swelandiah Endah Pratiwi, Ary Bima Kurniawan

Abstract


Pengembangan profesionalisme guru  perlu dilakukan    untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini  dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan  pelatihan pemanfaatan teknologi informasi kepada para guru berbagai bidang studi. Sarana dan fasilitas sekolah yang sudah berbasis IT, mendorong dan memudahkan pelaksanaan pelatihan komputer untuk menambah wawasan para guru dalam memanfaatkan teknologi informasi secara tepat guna sehingga dapat mendukung dan meningkatkan profesionalisme guru dalam kegiatan pengajaran terhadap siswa didik. Pelatihan berisi mengenai pemanfaatan internet untuk mendapatkan referensi bahan ajar , pembuatan  materi ajar menarik dan interaktif serta publikasi online materi ajar yang telah dibuat pada blog guru, website e-learning sekolah  dan  mengunggah  ke  media  sosial  lain : 4Shared, SlideShare, Youtube agar dapat menjadi referensi bacaan baik para siswa atau masyarakat pendidikan yang dapat diakses melalui internet.  Harapan dari hasil kegiatan pelatihan ini adalah para guru mampu membuat materi ajar yang interaktif dan menarik dan mempublikasikan secara online di  internet . Semakin sering materi ajar yang dibuat oleh guru tersebut diakses, dibaca dan diunduh oleh pengunjung internet, maka rating sekolah tersebut akan semakin tinggi sehingga baik untuk  nama sekolah. Ke depannya, materi ajar yang telah dibuat oleh guru juga dapat diajukan HAKI nya sebagai bukti profesionalisme guru tersebut sebagai pendidik sesuai dengan bidang studi yang diajar.

Full Text:

PDF ()

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF () - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.