EVALUASI DAN ANALISIS PERFORMANSI PEER TO PEER SESSION INITIATION PROTOCOL (P2PSIP) PADA LAYANAN VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VOIP)

Sandy Purniawan, Istikmal Istikmal, Indrarini Dyah Irawati

Abstract


Komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting saat ini. Komunikasi berupa voice saat ini tidak hanya berupa melalui jaringan tradisional telepon biasa yaitu melalui POTS atau jaringan circuit switch tetapi sudah dapat melalui jaringan paket yang dikenal dengan VoIP (Voice Over Internet Protocol). Komunikasi VoIP dengan SIP (Session Initiation Protocol) paling sering berupa client dan server dimana client jika ingin melakukan koneksi VoIP maka harus mendaftar melalui server VoIP dan baru kemudian melakukan hubungan ke user VoIP lain yang terdaftar di server tersebut. Mengingat dari pengertian SIP sendiri adalah komunikasi peer-to-peer yang dimungkinkan untuk tidak menggunakan server. Maka model komunikasi secara peer to peer dilakukan dimana sekumpulan user VoIP SIP yang ingin melakukan komunikasi mengadakan komunikasi satu sama lain tanpa menggunakan server VoIP. Komunikasi VoIP antara user SIP satu dengan user yang lain dapat menggunakan P2PSIP (Peer-to-Peer Session Initiation Protocol). Dalam komunikasi peer-to-peer sangat erat dengan algoritma DHT (Distribution Hash Table) untuk pengaturan penyambungan dan pemisahan maupun routing client dalam sebuah jaringan peer-topeer.
Hasil yang diperoleh yang paling baik dilihat dari parameter QoS (Quality of Service) layanan untuk delay, PDD, dan MOS adalah Peer-to-Peer SIP. Sedangkan untuk nilai throughput, jitter, dan packet loss adalah Client-Server SIP.
Kata kunci : Peer to Peer, P2SIP, SIP, Distribution Hash Table

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.