ALAT BANTU PEMBELAJARAN TARIAN, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPS

Yuliana Yuliana, Arif Aliyanto

Abstract


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu sarana dan fungsi pendidikan sebagai transformasi budaya. Berdasarkan hasil observasi awal penelitian di kelas V Sekolah Dasar Padmajaya yaitu masih rendahnya hasil dari proses belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, khususnya tentang budaya Indonesia. Dengan permasalahan tersebut, maka perlu mengembangkan suatu alternatif penyelesaian masalah melalui pendekatan pembelajaran. Aplikasi alat bantu pembelajaran tarian, rumah adat dan lagu daerah ini menggunakan model pendekatan problem based learning (PBL), model ini merupakan model pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa dengan permasalahan sehingga memberdayakan daya fikir, kreativitas, dan partisipasi siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga motivasi dan rasa ingin tahu menjadi meningkat. Serta aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall serta diuji melalui pengujian blackbox, pengujian whitebox dengan melakukan perhitungan cyclomatix complexity dan uji beda t-test sampel berhubungan. Dalam penelitian, data diperoleh melalui penelitian awal (pre test) untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa dalam mata pelajaran IPS khusunya materi tarian, rumah adat dan lagu daerah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa alat bantu pembelajaran tarian, rumah adat dan lagu daerah dapat memudahkan dan percepatan pemahaman siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan media pembelajaran dapat dilihat dari nilai rerata pre test danpost test, untuk hasil awal (pre test) adalah 61,33 dan hasil akhir dengan bantuan media pembelajaran (post test) adalah 92,67. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi, khususnya materi tarian, rumah adat dan lagu daerah.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Problem Based Learning, Waterfall, Whitebox, Blackbox


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 586 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.