TINGKAT KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP M-MARKETING PADA SMARTPHONE BLACKBERRY

Meyliana Meyliana

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini sangat mempengaruhi bisnis dan komunikasi. Internet saat ini merupakan infrastruktur utama dalam e-business. Kondisi ini juga sangat berpengaruh terhadap cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis. E-Marketing merupakan salah satu bagian dalam e-Commerce dimana dewasa ini, e-Marketing semakin mengarah menjadi mobile marketing (m-Marketing) karena tuntutan konsumen yang lebih mengutamakan kemudahan dan personalisasi. Mobile marketing berkembang pesat seiring dengan perkembangan ponsel smartphone yang semakin diminati masyarakat. Salah satu ponsel smartphone yang begitu fenomenal di Indonesia adalah Blackberry. Metode penelitian menggunakan sembilan variabel yaitu User control, Responsiveness, Personalization, Connectedness, Ubiquitous connectivity, Contextual offer, Trust, Attitude toward using m-Marketing dan Behavioralintention to use m-Marketing. Hipotesanya diuji menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tingkat kepercayaan pelanggan memiliki hubungan dan mempengaruhi terhadap perilaku seseorang dalam menggunakan mobile marketing (m-Marketing), namun tidak memiliki hubungan dan tidak mempengaruhi niat seseorang untuk melakukan transaksi dari m-Marketing tersebut.

Kata kunci : Kepercayaan, e- Marketing, m-Marketing, Blackberry


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.