SISTEM PEMBELAJARAN CERDAS BAHASA INGGRIS PADA SMP NEGERI 6 PATI

Wellia Shinta Sari, Dibya Prabo Susanto

Abstract


Dengan berkembangnya sistem belajar mengajar yang menuntut peningkatan mutu pendidikan dan efektifitas dalam proses penyampaian materi, penggunaan teknologi informasi dipandang sebagai salah satu media yang mampu memberikan solusi terhadap masalah yang ditimbulkan dari sebuah sistem

pembelajaran konvensional. Penelitian ini dibangun menggunakan metodologi pengembangan sistem Waterfall. Analisis dan desain menggunakan metode berorientasi objek. Sedangkan basis datanya dibangun dengan menggunakan MySQL, PHP dan Javascript akan digunakan sebagai bahasa pemrogramannya, serta Visio 2003 sebagai alat bantu pemodelan sistem. Intelligent Tutoring System (ITS)/ Sistem Pembelajaran Cerdas, menjadi kekuatan teknologi informasi untuk menunjang peningkatan sistem pendidikan yang efektif dan efesien.Perancangan ITS Bahasa Inggris pada SMP Negeri 6 Pati dimulai dari analisa kondisi eksisting yang terdapat pada sistem pengajaran tatap muka disekolah tersebut. Yaitu dengan mengumpulkan data tentang infrastruktur sekolah, kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk membantu meningkatkan proses belajar mengajar dan masalah-masalah yang menjadi hambatan dalam proses belajarnya. Penelitian ini menguraikan pembuatan desain ITS berupa desain antarmuka untuk pembelajaran yang meliputi fasilitas penyampaian materi dan evaluasi dan pembahasan, dan forum untuk membentuk
komunitas bertanya. Dengan adanya ITS tersebut diharapkan mampu mendukung dan meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar serta peningkatan minat siswa jadi bisa lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan interaktifitas antara guru dan siswa.
Kata kunci : Sistem Pembelajaran Cerdas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.