PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2009
Abstract
Pengungkapan dalam laporan tahunan merupakan sumber informasi untuk pengambilan keputusan investasi. Keputusan investasi bergantung dari mutu dan luas disclosure yang disajikan dalam laporan tahunan. Pengungkapan yang disampaikan perusahaan dibagi menjadi dua yaitu : Pengungkapan Wajib (Mandatory Disclosure) dan Pengungkapan Sukarela (Valuntary Disclosure). Kebijakan terhadap luas pengungkapan sukarela antara perusahaan yang satu dengan yang lain berbeda, perbedaan ini dipengaruhi oleh karakteristik masing-masing perusahaan. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar size perusahaan, profitabilitas, profile perusahaan, basis perusahaan, ukuran dewan komisaris dan leverage mempengaruhi informasi sosial yang diungkapkan oleh perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2009, dalam penelitian ini pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 50 data pengamatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda (multiple regression analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa size perusahaan dan profile perusahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapn tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan profitabilitas, basis perusahaan, ukuran dewan komisaris dan leverage tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (untuk pengujian secara parsial). Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa size perusahaan, profitabilitas, profile perusahaan, basis perusahaan, ukuran dewan komisaris dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.Downloads
Published
2015-08-04
Issue
Section
Articles