Pengembangan Aplikasi Indeks Pengukuran Kinerja pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Framework IT Infrastructure Library (ITIL)

Aisyiyah Tri Ratna Dewi, Agus Hermanto, Agustinus Bimo Gumelar, Agung Widodo, MY Teguh Sulistyono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang proses adopsi dan implementasi manajemen layanan teknologi informasi pada institusi pendidikan tinggi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada satu universitas swasta ternama, yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Ketika standar kualitas layanan telah menjadi satu bagian yang integratif dengan proses penilaian kinerja suatu organisasi yang aktif, hal tersebut menjadi positif dan obyektif serta dapat menjadikan organisasi tersebut beroperasi secara maksimal pula. Secara konseptual yang menjadi tujuan utama dilakukannya tata kelola IT adalah untuk menjaga keseimbangan kebutuhan layanan TI dengan apa yang dibutuhkan oleh stakeholder yaitu seluruh civitas akademika. UKWMS telah menerapkan TI sebagai suatu alat yang dapat menjadikan peringkat universitas semakin tinggi, namun dibeberapa domain masih membutuhkan peningkatan kualitas layanannya. Usulan yang kami terapkan adalah dengan mengadopsi kerangka kerja IT Infrastructure Library (ITIL) dan mengimplementasikannya dalam bentuk aplikasi indeks pengukuran kerja berbasis web. Ada dua domain yang diolah dan dikelola dalam aplikasi ini yaitu domain Service Strategy dan Service Design. Keluaran yang dihasilkan mampu menyuguhkan dalam bentuk visual, sehingga mudah untuk diinterpretasikan oleh pihak terkait para pengambil keputusan. Beberapa rekomendasi dari visualisasi tersebut juga menjadi satu keunggulan dalam peningkatan kualitas layanan TI pada UKWMS.


Full Text:

PDF

References


H. L. Putra, E. Darwiyanto, and G. A. A. Wisudiawan, “Audit Infrastruktur Teknologi Informasi Berbasis ITIL V . 3 Domain Service Operation pada FMS Departemen Engineering PT . Grand Indonesia Information Technology Infrastructure Audit Based on ITIL V . 3 Service Operation Domain for FMS Engineering Departme,” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 2, pp. 6084–6091, 2015.

Y. Handoko, “Pemanfaatan ITIL v3 untuk Mengatasi Masalah Layanan TI pada Sistem Terintegrasi di Perguruan Tinggi Using ITIL v3 to Solve IT Service Problem in Integration System at Universities.”

D. Meilani, Y. Meuthia, and I. Afandi, “Perancangan Sistem dan Aplikasi Manajemen Kinerja ( Studi Kasus : UPT TRANS PADANG ),” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 13, no. 2, pp. 258–268, 2016.

D. Herlinudinkhaji and S. S. Kendal, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Design pada Universitas Selamat Sri Kendal,” vol. 1, no. 1, pp. 63–74, 2019.

Great Britain Cabinet Office, ITIL Service Design. 2011.

L. Hunnebeck et al., ITIL V3 2011 Service Strategy. 2011.

Z. Akbar and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Pelanggan pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi,” vol. 2, no. 2, 2017.

T. D. W. I. Susanto, A. Herdiyanti, J. S. Informasi, and F. T. Informasi, “DESAIN LAYANAN SI / TI PADA PROSES PELAYANAN DARAH MENGGUNAKAN SERVICE DESIGN ITIL V3 STUDI KASUS UNIT DONOR DARAH PMI JAWA TIMUR THE DESIGN OF IS / IT SERVICES FOR BLOOD DRIVE PROCESS USING SERVICE DESIGN ITIL V3 CASE STUDY,” 2014.

I. R. Munthe, B. H. Rambe, R. Pane, D. Irmayani, and M. Nasution, “UML Modeling and Black Box Testing Methods in the School Payment Information System,” J. Mantik, vol. 4, no. 3, pp. 1634–1640, 2020.

S. Nidhra and J. Dondeti, “Black box and white box testing techniques-a literature review,” Int. J. Embed. Syst. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 29–50, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v6i2.4552

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: