Smart Dashboard Multimedia pada Sistem Informasi Akademik

Dina Fitria Murad, Rohmatul Laily, Michellia Yosaputra

Abstract


Informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan penggunanya menjadi sebuah kebutuhan di era milenial ini. Para pengguna system menginginkan informasi yang tepat guna secara cepat melalui sebuah laman pada situs. Hal tersebut melatarbelakangi tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dashboard sistem informasi yang smart dan sesuai dengan kebutuhan jurusan dan mahasiswa BINUS Online Learning. System yanag kami bangun dirancang menggunakan metode System Development Life Cycle dengan pendekatan waterfall dengan 4 diagram pada UML untuk pemodelan bisnis prosesnya, serta wawancara dengan mahasiswa dan perwakilan jurusan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada sistem berjalan menggunakan SWOT diketahui bahwa untuk strategi SO perlu peningkatan kualitas LMS dengan merancang fitur-fitur yang belum tersedia, untuk strategi WO perlu merancang dashboard sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan jurusan, semntara itu untuk strategi ST membuat laporan perkuliahan sementara bagi jurusan selama sistem usulan belum atau sedang dirancang dan strategi WT meminta kritik dan saran kepada mahasiswa dan dosen atas performa LMS secara berkala dan terus mengembangkan LMS berdasarkan kebutuhan. Hasil analisis dimappingkan kedalam perancangan sistem informasi akademik berupa dashboard sistem informasi yang smart dan dapat membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi perkuliahan serta menghasilkan laporan yang sesuai dengan kebutuhan jurusan

Full Text:

PDF

References


W. S. . S. J. and A. Cotgreave, The Big Book Of Dashboards: Visualizing Your Data Using Real?World Business Scenarios, 1st edition ed., Wiley, 2017.

M. Ropianto, "Pemanfaatan Sistem Dashboard Pada Data Akademik Di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam," Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, vol. 2, no. 2, 2017.

N. Destiandi and A. Hermawan, "Business Intelligent Method for Academic Dashboard," bit-Tech, vol. 11, no. 20, pp. 11-20, 2018.

N. K. D. F. Wantari, A. Y. Husodo and I. W. A. Arimbawa, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Akademik Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Menggunakan Data Warehouse," Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), vol. 2, no. 1, pp. 17-23, 2018.

S. Irawan and E. Sutomo, "Rancang Bangun Aplikasi Dashboard Akademik SMA SHAFTA Surabaya," Jurnal JSIKA, vol. 6, no. 1, pp. 156-162, 2017.

R. I. Heroza, "Pemodelan Kebutuhan Sistem Dashboard Sebagai Indikator Kinerja Fakultas," KNTIA, vol. 4, 2017.

J. W. Satzinger, R. B. Jackson and S. D. Burd, Introduction to Systems Analysis and Design: An Agile Iterative Approach, Course Technology, Cengage Learning, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v6i1.4528

Article Metrics

Abstract view : 813 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: