Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Objek Wisata dan Kuliner di Kabupaten Kudus Berbasis Smartphone Android

Aris Nurhindarto, Della Rezha Santoso, Erwin Yudi Hidayat

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin pesat hingga memajukan kebutuhan manusia mengenai informasi yang cepat dan akurat. Seperti halnya pada bidang pariwisata, dibutuhkan informasi guna memudahkan wisatawan dalam mendapatkan informasi tujuan wisata dan kuliner yang akan dituju. Promosi yang digunakan untuk menarik wisatawan menggunakan media massa semacam penyebaran pamflet, leaflet, brosur, tetapi dalam melakukan metode tersebut masih minim untuk bisa menginformasikan kepariwisataan secara meluas kepada wisatawan. Tujuan dari perancangan aplikasi Geographic Information System dengan menggunakan Smartphone untuk mengidentifikasi persebaran objek wisata dan kuliner. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode Prototyping dengan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dengan berdasarkan hasil dari pengujian black box, maka dapat disimpulkan aplikasi yang telah dirancang ini dapat direkomendasikan untuk media pendukung navigasi menuju objek wisata dan kuliner sehingga bisa digunakan sebagai sarana peningkatan untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kudus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi untuk pemetaan persebaran objek wisata dan kuliner di Kabupaten Kudus berbasis Geografic Information System (GIS) dapat mempermudahkan pengguna dalam mencari informasi mengenai lokasi menuju tempat wisata atau kuliner. Dengan berdasarkan kategori yang telah dipilih, wisatawan dapat mengetahui arah peta berdasarkan titik awal menuju ke lokasi yang akan dituju oleh wisatawan.

 

Kata kunci: sistem informasi geografis, android, tourism, prototyping


Full Text:

PDF

References


T. Listyorini dan R. Meimaharani, “Aplikasi Wisata Kuliner Kota Kudus,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, 2017.

R. P. Agrarian, A. Suprayogi dan B. D. Yuwono., “Pembuatan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Untuk Informasi Pariwisata Di Kabupaten Gunung Kidul,” Jurnal Geodesi Undip, April 2015.

I. Muttaqin, I. Permana dan F. N. Salisah, “Aplikasi Navigasi Objek Wisata Kabupaten Lingga Berbasis Mobile,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 3, no. No.1, pp. 1-10, Februari 2017.

M. Afrina, A. Ibrahim dan T. S. Simarmata, “Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Kota Palembang,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 8, no. No.2, Oktober 2016.

E. Kurniadi dan H. Budianto, “Rancang Bangun Aplikasi Wisata Kabupaten Kuningan Berbasis Android Menggunakan Metode Location Based Service (LBS),” Jurnal Cloud Information, vol. 3, no. No.2, Maret 2018.

G. H. Basith dan D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Andorid,” Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, vol. 14, no. No.1, 2017.

Pressman, R, “Software Engineering: A Practitioner’s Approach”, McGraw-Hill Eucation, 2014, ISBN:007769774X, Singapore.

The Editor of Encyclopaedia Britannica, “Latitude and Longtitude : Geography”, https://www.britannica.com/science/latitude, diakses tanggal 29 Oktober 2020.

Devoe, Jiva, Jay Jacobson, and Nicholas Estes. "Intelligent dynamic route selection based on active probing of network operational characteristics." U.S. Patent Application No. 09/970,398.

Zamir, Amir Roshan, and Mubarak Shah. "Accurate image localization based on google maps street view." European Conference on Computer Vision. Springer, Berlin, Heidelberg, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.4297

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License