Sistem Informasi Reservasi Berbasis Web pada Wisma PPSDM Migas Cepu

Ainur Rifqi Muzaki, suharnawi - -

Abstract


Setiap perusahaan memerlukan proses yang mempermudah suatu pekerjaan yang ada dalam proses kerjanya. Sistem informasi reservasi wisma berguna mempermudahkan para calon pengguna dalam proses reservasi wisma yang disediakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu (PPSDM Migas Cepu). PPSDM Migas Cepu adalah suatu lembaga instansi uji kompetensi dan sertifikasi perminyakan dan gas bumi. Proses reservasi wisma masih terdapat adanya sedikit kendala seperti orang yang akan melakukan sertifikasi yang ingin melakukan reservasi harus datang langsung untuk mereservasi wisma. Proses reservasi yang masih manual menjadikan pelaporan ke pimpinan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itulah perlu dibuat suatu aplikasi reservasi wisma berbasis web untuk mempermudahkan para calon peserta sertifikasi dan pegawai penyedia wisma dalam proses reservasi pada PPSDM Migas. Metode yang digunakan adalah Prototipe. Sedangkan untuk metode perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan bahasa pemrograman PHP MySQL. Dengan dibangunnya sistem informasi reservasi wisma berbasis website ini dapat memudahkan pengguna dalam proses reservasi wisma PPSDM Migas Cepu. Namun diperlukan pengembangan lebih lanjut dari pembuatan sistem ini terutama dari segi kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi yang menggunakan.

Full Text:

PDF

References


G. Dinan, “Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web Pada Hotel Candra Cimahi,” Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web PadaHotel Candra Cimahi, 2014.

S. Fadli, “Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel,” Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel, 2018.

B. Wibowo, “Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Sewa Kamar Hotel Berbasis Web (Studi Kasus Hotel Gren Mandarin Pekalongan),” Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Sewa Kamar Hotel Berbasis Web (Studi Kasus Hotel Gren Mandarin Pekalongan), 2014.

R. P. Hastanti, B. E. Purnama dan I. U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan, 2015.

Heldiansyah, R. Indera, A. Pratama dan F. Shadiq, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Alfin Fanca Prima,” Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Alfin Fanca Prima, 2015.

G.Y.SwaraM.KomdanY.Pebriadi,“RekayasaPerangkatLunakPemesananTiket Bioskop Berbasis Web,” Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web,2016.

D. Irawan, Y. Rahsel dan T. Udin, “Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C Pada Toko ATK Sindoro,” Perancangan Electronic Commerce BerbasisB2C Pada Toko ATK Sindoro,2017.

BINUS, “BINUS Library,” 2011. [Online]. Available:http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00132- AR%20Bab%202.pdf.

G.G.Arifin,A.DeddydanE.Satria,“PengembanganSistemInformasiPemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodologi Rapid Application Development,” Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodologi Rapid Application Development,2013.

J. Sundari, “Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web,” Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web, 2016.

NoniRahmawatidanHerryMulyono,“AnalisisDanPerancanganSistemInformasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy,” Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy,2016.

S. Nikko, “Pengertian Apapun,” 2015. [Online]. Available:

http://www.pengertianku.net /2015/05/pengertian- dbms-dan-contohnya- lengkap.html.

D. Pendidikan, “Dosen Pendidikan,” 2019. [Online]. Available: https://www.dosenpendidikan.com/pengertian-komponen-dan-fungsi-xampp- lengkap-dengan-penjelasannya/.

R. Arifanto, “Rivayi Arifanto,” 2014. [Online]. Available:http://rivayiarifanto.blogspot.com/ 2014/03/pengertian-perbedaan-white-box- dan.html.

M. Guntur, “Materi Kuliah,” 2014. [Online]. Available:http://tkjpnup.blogspot.com/2013/ 12/black-box-testing-dan-white-box-testing.html.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v6i1.3902

Article Metrics

Abstract view : 475 times
PDF - 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: