Perencanaan Enterprise Architecture Sistem Pelayanan Menggunakan Metode TOGAF (Studi Kasus : BPJS Kesehatan Cabang Kendal)

Marini Marini, Yupie Kusumawati, Florentina Esti Nilawati

Abstract


BPJS Kesehatan selama ini belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal dalam mendukung proses bisnisnya. Proses bisnis yang belum dilakukkan secara optimal antara lain proses pendaftaran bayi baru lahir, proses konfirmasi kepesertaan dan proses cetak kartu sementara bayi baru lahir. Hal ini disebabkan karena masih ada ketidaksamaan antara arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi dan arsitekture teknologi informasi.Permasalahan tersebut mengakibatkan pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan tidak efisien. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu menghasilkan blueprint enterprise architecture Sistem Pelayanan BPJS Kesehatan berbasis web dengan framework TOGAF. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF dengan metode ADM (Architecture Development Method) berdasarkan data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara. Hasil akhir dari penelitian ini berupa blueprint enterprise architecture yang diharapkan dapat mempermudah dan mengintegrasikan proses bisnis pelayanan pada BPJS Kesehatan Cabang Kendal. 

Kata kunci: TOGAF, Enterprise Architecture, Blueprint, Sistem Pelayanan BPJS Kesehatan, Ptototype System


Full Text:

PDF

References


Aprilia , A. A. (2018). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM (Architecture Development Method) Pada Dinas Kesehatan Kota Salatiga.

Widada, T. (2017). Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat (Studi di RSUD Hasanuddin Damrah Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu). Jurnal Kesehatan Nasional, 199-216.

Snati, L. (2015). Kajian Perkembangan Dan Usulan Perancangan Enterprise Architecture Framework. Perancangan, 17-18.

Gunawan, M. N. (2017). Perencanaan Arsitektur Enterprise Dengan Metode TOGAF Versi 9 (Studi Kasus: RSUD. Kota Tangerang Selatan), Informasi, P-ISSN 1979-0767.

Mikroskil.P.M. (2014). Penerapan Enterprise Architecture Framework Untuk Pemodelan. Vol.13, No.12, pp 159-168.

O. G. Standard and T. O. Group, TOGAF ® Version 9.1. 2011




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3533

Article Metrics

Abstract view : 609 times
PDF - 832 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: