Prototype Sistem Pendiagnosa Penyakit dan Hama Tanaman Bawang Merah di Kabupaten Brebes dengan Metode Fuzzy Tsukamoto

Asih Rohmani, Dede Untung

Abstract


Bawang merah merupakan komoditi andalan bagi masyrakat di wilayah Kabupaten Brebes, dimana mayoritas penduduknya adalah petani bawang merah. Didalam proses pembudidayaan tanaman bawang merah sering ditemui permasalahan yang menyebabkan turunnya hasil panen bahkan tidak jarang mengalami gagal panen. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca, hama, dan penyakit. Banyak petani yang meresahkan kerusakan pada bawang merah yang mereka tanam akibat terkena serangan hama dan penyakit. Kurangnya pengetahuan dalam mengidentifikasi jenis hama dan penyakit yang menyerang menjadi masalah utama karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh dinas terkait dan tidak adanya media untuk melakukan konsultasi dengan pakar. Untuk itu perlu adanya suatu sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Data yang diperlukan dalam pembangunan sistem ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Algoritma yang diterapkan yakni logika fuzzy metode tsukamoto. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem menggunakan ESDLC. Aplikasi sistem pendiagnosa penyakit hama tanaman ini dapat membantu petani untuk melakukan proses diagnosa 11 jenis hama dan penyakit yang menyerang bawang merah serta dapat dijadikan sebagai media dalam melakukan konsultasi.


Full Text:

PDF

References


B.P.S.K. Brebes, "Luas Panen dan Rata-Rata Produksi Bawang Merah Di Kabupaten Brebes 2012-2017," Badan Pusat Tatistik Kabupaten Brebes, 31 Desember 2018. [Online]. Available: https://brebeskab.bps.go.id/dynamictable/2018/12/31/62/luas-penen-produksi-dan-rata-rata-produksi-bawang-merah-di-kabupaten-brebes-2012--2017.html. [Accessed 04 Januari 2019].

K.E.Winarno, "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Mesin Inferensy FOrward Chaining Berbasis web," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. III, pp. 144-151, 2019.

Y.R.Widyano, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Jagung," Teknologi Informasi, 2016.

Z.Herdianto, "Certainty Factor Kelompok 5," 09 November 2012. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/112675338/MAKALAH-KLOMPOK-5. [Accessed 16 Januari 2019].

G.A.Khotaro, "Sistem Diagnosis Penyakit Antraknosa Pada Cabai Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. III, pp. 582-586, 2019.

V.N.Kinanti, "Prototype Penyaring Asap Rokok Pada Smoking Area Menggunakan Pulse Width Modulation (PWM) Dan Fuzzy Tsukamoto," semanTIK, vol. II, pp. 195-202, 2016.

C.R.M.Yusuf, "Perancangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Amenorea Dengan Menggunakan Metode Expert System Development Life Cycle," Jurnal Algoritma, vol. II, 2014.

P.I.S.R.F. Munthe Rouli, "Usulan Metode Evaluasi User Acceptance Testing," in SENAPATI, Singaraja, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i1.3511

Article Metrics

Abstract view : 445 times
PDF - 598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: