Pemodelan SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan pada Klinik Ar-Rokhim Sragen Kabupaten Sragen

Ikhwansyah Kurniawan, Ramadhan Rakhmat Sani

Abstract


Proses bisnis pada klinik Ar-Rokhim pada bagian pendaftaran, pencatatan rekam medis pasien, penjualan obat, pembuatan laporan dan penghitungan biaya rawat belum memaksimalkan aplikas sistem yang ada. Hal ini membuat proses bisnis yang dilakukan oleh klinik kurang efektif. Salah satu metode pengembangan sistem yang sering digunakan untuk mengembangkan sistem yaitu waterfall, metode ini memiliki kekurangan karena tidak diperkenankan adanya perubahan pada siklus pengembangan, membutuhkan tim yang banyak dan waktu pengembangan yang cukup lama. Untuk itu pada penelitian ini menggunakan salah satu Agile sofware development yaitu SCRUM model. Selain memiliki kelebihan requiredment yang fleksibel, jumlah anggota tim yang diperlukan tidak banyak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan pengembangan sistem informasi dengan cepat dalam penyesuaian perubahan dan sesuai dengan target yang diharapkan. Dalam pembangunan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan basis data MySql. Pada sisi server menggunakan xampp sebagai penyimpanan database dan website. Untuk menguji produk yang dibuat menggunakan black box testing. Sedangkan untuk menguji efektifitas metode pengembangan menggunakan burdown chart. User Acepptance Testing dilakukan untuk menguji sistem dari sisi calon pengguna sistem.

Kata kunci : agile software development, scrum, black box testing, burdown chart


Full Text:

PDF

References


G. Susanto dan S. , “Sistem Informasi Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),†Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 3, no. 4, pp. 18-24, 2011.

D. Iflahah, I. Aknuranda dan N. Y. Setiawan, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Poli Gigi (Studi Kasus : Puskesmas Sumbersari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 6, pp. 2121-2130, 2018.

I. Sommerville, Software Engineering, 10th penyunt., Addison-Wesley, 2015.

N. M. A. Munassar dan A. Govardhan, “A Comparison Between Five Models Of Software Engineering,†International Journal of Computer Science Issues, vol. VII, no. 5, pp. 94-101, 2010.

W. Suharso, B. I. Wicaksono dan G. I. Marthasari, “Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 97-104, 2018.

U. Ependi, “Pengembangan E-Trace Alumni Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Agile,†dalam Seminar Nasional Informatika 2012 (semnasIF 2012), Yogyakarta, 2012.

R. M. Zaef, N. C. Herbaviana dan A. Chusyairi, “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Android Menggunakan Metode Agile,†dalam Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, Pangkalpinang, 2018.

Y. L. Prasetio, N. Hanafiah, A. Yosanny, C. Yolanda, F. P. Musbar dan D. Septianto, “Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Wisata Harian Pada Smartphone Dengan Pendekatan Scrum,†ComTech, vol. 5, no. 2, pp. 534-543, 2014.

C. Ebert dan M. Paasivaara, “Scaling Agile,†IEEE Software, vol. 34, no. 6, pp. 98-103, November/December 2017.

L. Rising and N. S. Janoff, "The Scrum software development process for small teams," IEEE Software, vol. 17, no. 4, pp. 26-32, July-August 2000.

V. T. Faniran, A. Badru dan A. Ajayi, “Adopting Scrum as an Agile approach in distributed software development: A review of literature,†dalam 2017 1st International Conference on Next Generation Computing Applications (NextComp), Mauritius, 2017.

D. P. Harvie dan A. Agah, “Targeted Scrum: Applying Mission Command to Agile Software Development,†IEEE Transactions on Software Engineering, vol. 42, no. 5, pp. 476-489, 2016.

R. T. Hans, “Work in Progress - The Impact of the Student Scrum Master on Quality and Delivery Time on Students' Projects,†dalam 2017 International Conference on Learning and Teaching in Computing and Engineering (LaTICE), Hongkong, 2017.

K. S. Rubbin, Essential Scrum, United States of America: Pearson Education, 2013.

A. S. S. Wijaya, L. S. Lawunugraha dan I. A. Iswanto, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pada Klinik Skala Kecil (Studi Kasus: Klinik Dr. Jonni),†ComTech, vol. 5, no. 2, pp. 1059-1072, 2014.

M. P. Kumara, A. P. Utomo dan F. Nugraha, “Sistem Informasi Manajemen Klinik Permata Medical Center Pati,†dalam Pros iding SNATIF Ke -2 , Kudus, 2015.

S. Ramadhani, U. Anis dan S. T. Masruro, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL,†Jurnal Teknika, vol. 5, no. 2, pp. 479-483, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i1.2530

Article Metrics

Abstract view : 3352 times
PDF - 5863 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: