Self Assessment Pengelolaan Masalah Pada SIADIN Universitas Dian Nuswantoro berbasis COBIT 5

Mella Cynthia Oktaviani, Fajrian Nur Adnan

Abstract


Universitas Dian Nuswantoro merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Semarang yang memberikan jasa pendidikan formal untuk gelar Diploma III (D3), Sarjana (S1), dan Magister (S2). Untuk sebuah Universitas, teknologi informasi berupa sistem informasi telah menjadi aspek penting dalam proses pendidikan, penelitian, administrasi, dan layanan. Universitas Dian Nuswantoro sudah menggunakan sistem informasi yang diberi nama SiAdin.  SiAdin merupakan sistem informasi akademik yang saling terintegrasi dengan berbagai sistem informasi lainnya. Dalam pelayanannya, SiAdin terdapat beberapa masalah yang sering berulang seperti masalah data nilai transkrip yang berbeda, materi perkuliahan yang eror ketika di upload, dan server yang sering down saat ujian online dan kegiatan penginputan KRS. Dari permasalahan diatas maka akan dilakukan Self Assessment berdasarkan domain Delivery, Service, And Support (DSS) yang berfokus pada pengelolaan masalah yaitu DSS03 (Manage Problems) yang mengacu pada COBIT 5 dengan mengumpulkan data melalui wawancara, kuesioner dan survey lapangan / visitasi. Dari hasil pengumpulan data didapatkan nilai capability level saat ini berada pada level 1 sebesar 64,12% dengan status L (Largely Achieved). Hasil dari penelitian ini adalah nilai capability level, nilai gap, dan rekomendasi/usulan strategi perbaikan, dokumen dan SOP yang dibutuhkan organisasi.

Kata kunci—COBIT 5, Self Assessment, DSS03, Pengelolaan Masalah, SiAdin


Full Text:

PDF

References


M. Sadikin, H. Hardi, W.H. Haji, “IT Governance Self Assessment in Higher Education Based on COBIT Case Study : University of Mercu Buana,†Journal of Advanced Management Science, vol. 2, pp. 83-87, 2014.

N.Y. Wijayanti, W. Setiawan, R.A. Sukamto, “Performance Assessment of IT Governance with Balanced Scorecard and COBIT 4.1 of Universitas Pendidikan Indonesia,†dalam Journal of Physics : Conferences Series, Jakarta, 2017.

ISACA, COBIT 5 Self Assessment Guide, USA: IT Governance Institute, 2012.

ISACA, COBIT 5 Enabling Processes, USA: IT Governance Institute, 2012.

ISACA, COBIT 5 A Business Framework for The Governance and Management of Enterprise IT, USA: IT Governance Institute, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i1.2266

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 885 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: