ANALISIS PERTUMBUHAN NASABAH DEPOSITO MUDHARABAH PADA TAHUN 2016-2020 (STUDI KASUS DI KSPPS BMT AN-NAJAH KAUMAN WIRADESA)

Siska Dewi, Anni Safitri, Adam Firdaus

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this observation is to determine the growth of mudharabah deposit customers carried out by KSPPS BMT An-Najah Kauman Wiradesa where there is an unstable growth in the number of customers in 2016-2020. This study uses qualitative research methods and for data collection using observations, interviews, literature studies and documentation. Based on the research conducted, it is concluded that KSPPS BMT An-Najah in the growth of the number of customers on mudharabah deposit products has increased every year in 2016-2019. However, in 2020, the number of customers decreased, because the main cause was the COVID-19 virus pandemic.
Keywords: mudharabah deposits, customers

 

ABSTRAK

Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan nasabah deposito mudharabah yang dilakukan oleh KSPPS BMT An-Najah Kauman Wiradesa dimana adanya ketidakstabilan pertumbuhan jumlah nasabah pada tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian kualitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara,  studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan  penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa KSPPS BMT An- Najah dalam pertumbuhan jumlah nasabah pada produk deposito mudharabah mengalami peningkatan setiap tahunnya pada tahun 2016-2019. Akan tetapi berbeda pada tahun 2020 mengalami jumlah nasabah yang menurun, dikarenanakan penyebab utama adalah pandemi virus covid-19.

 Kata Kunci: deposito mudharabah, nasabah

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustiani, Ayu (2019), Pertumbuhan dan minat nasabah dalam deposito mudharabah pada Bank Sumsel Babel Syari’ah capem Muhammadiyah Palembang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Aisyah, Binti Nur, 2015, Manajemen Pembiayaan Bank Syariah.

Yogyakarta: Kalimedia.

Alfabeta.

Khotibul Umam, 2011, Legilasi Fikih Ekonomi dan Penerapannya dalam Produk Perbankan Syariah di Indonesia, Edisi Pertama. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Khotibul Umam. 2016, Perbangkan Syariah: Dasar-Dasar Dan Dinamika Perkembangannya Di Indonesia. hal 1, rajag rafindo persada.

Mislah Hayati Nasution, Sutisna, 2015, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah, Vol1(1), p65.

Rianto, Nur. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mir Methods). Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.56696/jaka.v3i1.6649

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.