USABILITY USER INTERFACE PADA GAME LOKAPALA: SAGA OF THE SIX REALMS

Bagaskara Caesar Pratama, Auria Farantika Yogananti

Abstract


Lokapala: Saga of the Six Realms merupakan game MOBA buatan Indonesia yang bisa dimainkan pada smartphone android dirilis pada 20 Mei 2020. Sejak dirilis, Lokapala hanya meraih rating 3,6 saja di Playstore karena pemain masih kurang puas terhadap desain dan fitur yang ada. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui usability pada desain user interface Lokapala. Penelitian dengan menggunakan metode System Usability Scale, menghasilkan skor Usability Lokapala hanya sebesar 52 poin, yang artinya permasalahan utama berada pada indikator errors sedangkan berdasarkan peringkat pemain menunjukkan bahwa semakin tinggi peringkatnya, skor usability cenderung meningkat. Dapat disimpulkan bahwa usability Lokapala masih belum dapat diterima dengan baik oleh pengguna sehingga perlu adanya tutorial yang lebih interaktif, menambah fitur Frequently Ask Question, dan meningkatkan kualitas grafis ksatriya agar dapat menarik minat pemain

Full Text:

PDF

References


Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. A. (2008, july 30). An Empirical Evaluation of the System Usability Scale. International Journal of Human–Computer Interaction, 574-594.

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019, April). SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW. Jurnal SIMETRIS, 26, 65-74.

Minotti, M. (2014, 09 1). The history of MOBAs: From mod to sensation. Dipetik 10 10, 2020, dari venturebeat.com: https://venturebeat.com/2014/09/01/the-history-of-mobas-from-mod-to-sensation/view-all/

Nielsen, J. (2012, january 3). Usability 101: Introduction to Usability. Diambil kembali dari Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Oktarini, D. S. (2020, 05 29). Review Game Lokapala, MOBA Pertama Buatan Anak Bangsa. Dipetik 10 10, 2020, dari Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2020/05/29/151101/review-game-lokapala-moba-pertama-buatan-anak-bangsa?page=all

Quesenbery, W. (2003). Dimensions of Usability: Defining the Conversation, Driving the Process.

Susilo, E. (2019, March 7). Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability. Dipetik 10 10, 2020, dari edisusilo.com: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5104

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0