KAJIAN DESAIN KOSTUM GAME LIFEAFTER SEBAGAI UPAYA MENGEKSPLORASI GAMEPLAY YANG IMERSIF

Natasha Laurentia, Toto Haryadi

Abstract


Lifeafter merupakan game berbasis MMORPG dengan tema survival horror, dikembangkan oleh NetEase Games dan sudah ada selama 2 tahun. Satu hal yang menarik dari game Lifeafter adalah tersedianya berbagai macam model dan desain kostum pada setiap update barunya. Kajian ini akan membahas detail game Lifeafter dan mencari tahu mengapa desain kostum yang ada menimbulkan pro-kontra dalam komunitas para pemainnya terkait dengan tema bertahan hidup. Fokus kajian adalah desain atribut kostum. Kajian dilakukan dengan metode deskriptif komparatif kemudian dilanjutkan dengan analisis Generator of Form. Kesimpulan dari kajian ini adalah bahwa pro-kontra dalam komunitas merupakan hal wajar terkait dengan genre utama survival horror, namun karena keberagaman anggota yang ada dalam komunitas dengan latar budaya yang berbeda membuat hal tersebut unik dan itu tergambarkan melalui kostum.

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. D. (2017). KERANGKA ANALISIS KOMPONEN KONSEP DAN DESAIN GAME. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume III, No. 2.

Aryani, D. I., Santosa, I., & Zpalanzani, A. (2013). Kajian Transformasi Visual Desain Karakter Eevee pada Game Pokémon Series Generasi I-V. ITB J. Vis.Art & Des, Vol. 5, No. 2, 155-175.

Couto, N. (2021, January 2). Psikologi Persepsi dalam Kawasan. Diambil kembali dari Visual Herritage Blog: https://visualheritageblog.blogspot.com/2010/12/4psikologi-persepsi-dalam-kawasan.html

E, A., Z, A., & H, N. (2013). Kajian Daya Tarik Visual Pada Desain Karakter Pokemon. Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia. No. 5 No. 2.

F. P. Supandi, A. Z. Mansoor, & S. P. Ramadina. (2017). KAJIAN DESAIN KARAKTER DALAM GAME OVERWATCH DALAM KERANGKA METODE PERANCANGAN MANGA MATRIX. Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia. Vol. 8 No. 1.

Khamadi, Haryadi, T., Yudani, H. D., & Senoprabowo, A. (2017). Visual Karakter Warrior pada Game Online Warcraft, Perfect World dan Nusantara Online. Demandia, Vol 2 No. 2, 161-181.

Muljosumarto, C., & Kurniawan, D. S. (2020). Analisis Visual Warna pada Game Post-Apocalyptic (Studi game The Last of Us, Metro Exodus, dan Horizon Zero Dawn. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Vol.06 No.01.

Rakky. (2021, February 1). Sejarah Game dan Perkembangannya (Video Game, PC Games dan Mobile Games. Diambil kembali dari Seluncur: https://www.seluncur.id/sejarah-game/

Reid, S., & Downing, S. (2018). Survival Themed Video Games and Cultural Construct of Power. Loading… The Journal of the Canadian Game Studies Association. Vol 11, 41 - 57.

Senoprabowo, A., & Hasyim, N. (Agustus 2013). Imersifitas Game dalam Pembelajaran Sejarah. VISUALITA, Vol.5 No.1, 28-43.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5103

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0