PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK-ANAK

Puji Lestari, Noor Hasyim

Abstract


Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang diadakan dalam
program Sekolah Adiwiyata diperlukan untuk mengajarkan
anak-anak mengenai lingkungan termasuk masalah
kerusakan lingkungan sedini mungkin. Namun tidak semua
sekolah dapat melaksanakan (PLH) karena masalah
kurikulum sekolah, dan ketersediaan buku ajar pelajaran
PLH. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran baru
yang mudah didapatkan oleh siswa dan digunakan kapan
saja dimana saja. Pendekatan perancangan ini menggunakan
metode pengumpulan data kualitatif, data yang deperoleh
melalui observasi langsung, wawancara dan studi literatur.
Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode
5W+1H dan analisis media menggunakan metode MDLC
(Multimedia Development Life Cycle). Hasil analisis
menunjukan bahwa media aplikasi mobile adalah media
yang tepat untuk dijadikan media alternatif dalam
pembelajaran PLH. Melalui Perancangan ini anak- anak
dapat menggunakan aplikasi untuk mendapatkan materi
mengenai kerusakan lingkungan dan mengetahui
bagaimana cara penanggulangannya.


Full Text:

PDF

References


Jenifer, M. (2014). Reading Contemporary Illustrated Children’s Book. Children’s Literature, 224-

KJPL Indonesia. (2012, januar 15). Komunitas Jurnalis Peduli Lingkunagan. Retrieved from

Pengertian Pendidikan Lingkungan Hidup: http://www.kjpl.or.id/

SIDIA. (2018, September 28). Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Sidia SD. Retrieved

from M.SIDIA: http://m.sidia.id

Subana, M. (1988). Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Walker, S. (2012). Describing The Design of Children Bookss: An Analytical Approach. Arts and

Humanities Journal, 180-199.

Luther. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Profesional.

Munir. (2012). Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Koservarsi UNNES. (2014, Febuari 18). Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup. Retrieved

from Bangvasi UNNES: http://konservasi.unnes.ac.id/

Subana, M. (1988). Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4911

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0