PERANCANGAN VISUAL BRANDING BASIC PHOTOGRAPHY DI KOTA SEMARANG

Johannes Albert Parjuangan Nababan, Abi Senoprabowo

Abstract


Penyedia jasa dokumentasi wedding di Indonesia sangat banyak, khususnya di kota Semarang, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Namun, banyak penyedia jasa itu belum mempertimbangkan pentingnya logo dalam mewakili citra perusahaan, salah satunya adalah Basic Photography yang meski sudah memiliki logo, akan tetapi pengaplikasian logonya masih berubah-ubah sehingga dapat mempengaruhi brand image perusahaan. Perancangan visual branding Basic Photography dilakukan dengan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan SWOT dalam merancang visual branding Basic Photography. Konsep perancangan ini berupa monoline yang menggunakan teknik golden ratio untuk menghasilkan logo yang geometris, dan memasukkan elemen visual bunga dan diafragma lensa untuk mewakili citra perusahaan. Logo dirancang bergaya modern dan minimalist, serta warna emas untuk pesan elegan pada logogram dan warna hitam pada logotype agar terkesan tegas dan berani.

Full Text:

PDF

References


Carter. (1985). Designing Corporate identity Programs for Small Corporation. New York: Art Direction Book Company.

Feldman, E. B. (1967). Art as Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (13 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Russel. (1992). Teori Warna. Yogyakarta: KY Press.

Rustan, S. (2011). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sanyoto, D. S. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3748

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0