PERANCANGAN GAME EDUKASI "SINANG ADVENTURE" SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Ade Rizky Tri Prasojo, Toto Haryadi

Abstract


Bahasa jawa adalah suatu bahasa komunikasi dalam ber-tata krama atau sopan santun yang ada sejak zaman dahulu hingga saat ini yang bertujuan untuk menghasilkan komunikasi yang baik dan santun. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan adanya pengaruh globalisasi, berdampak pada semakin terkikisnya minat untuk mempelajari bahasa jawa. Oleh karena itu keanekaragaman bahasa jawa di Indonesia perlu dilestarikan dan dijaga agar generasi penerus dapat dengan mudah untuk mengenali beragam isi dari bahasa jawa di Indonesia. Salah satunya untuk mengedukasi anak usia 6 tahun di Kota Semarang dengan menggunakan media game edukasi. Pada perancangan ini untuk mendapatkan data yang valid, menggunakan metode kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dan juga melalui pertanyaan kepada orangtua murid. Analisis perancangan menggunakan metode 5W + 1H dan metode perancangan media menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Dengan menggunakan media game berbasis android diharapkan anak-anak dapat termotivasi dan meningkatkan minat untuk mengenal Bahasa Jawa dalam bab anggota bagian tubuh manusia agar nilai kebudayaan Indonesia tidak punah.

Full Text:

PDF

References


Adams, D.M. (1975). Simulation Games: An Approach to Learning. Ohio: Jones

Publishing Company.

Adams, Ernest. (2010). Fundamentals of game design 2nd edition. Berkeley: New Riders Publishing.

Bates, Bob. (2006). Game Design Second Edition. Boston. USA: Course Technology

Bagaskara, Irse. (2016). Game Edukasi Bahasa Jawa Untuk Kelas 2 Sekolah Dasar

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Darasuprapta, dkk. (1996). Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusatama.

Endang Rahayu, “Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Wahana Pembelajaran Watak Pekerti Bangsa†dalam http://ki-demang.com diakses pada tanggal 25 Oktober 2018

Hamalik, Oemar. (2001).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handriyantini, E. (2009). Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. E-Indonesia invitiative 2009

Henry, Samuel. (2010), Cerdas dengan Game: Panduan Praktis Bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Idham Sumirat, “Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Jawa di Sekolah Dasar†dalam http://urangkurai.blogspot.com diakses pada tanggal 25 Oktober 2018

Ilham, Muhammad, "Antar Muka Pengguna User Interface" dalam https://muhammadilhamx.wordpress.com/2016/02/18/antarmuka-pengguna-user-interface/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2019

Ismail, Andang. (2006). Education Games. Yogyakarta : Pilar Media.

KBBI online – “Bahasa†dalam https://kbbi.web.id/bahasa diakses pada tanggal 7 November 2018

Kusrini, M.kom dan Andri Koniyo, (2007), Tuntunan Praktis membangun sisteminformasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server,Yogyakarta : ANDI.

Ladjamudin, bin Al-Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lauthfi, "Definisi Desain Grafis" dalam lauthfi.wordpress.com/2008/08/21/definisi-desain-grafis/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2019

Marjono, Ichsan. (2015). Kulina Basa Jawa Kangge Kelas 1 SD/MI. Klaten: Intan Pariwara

Muslich, Masnur. (2008). Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nafisah, Syifaun. (2003), Grafika Komputer dengan Borland C++ B Builder Profesional. Indonesia: Gria Ilmu.

Noviriesca, Vega (2017). Perancangan Card Game Sebagai Media Permainan Dan pembelajaran Dengan Materi Pengenalan unggah-Ungguh Basa Jawa

Petter Salim dalam Dahlan Y. (2000). Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press.

Piaget, Jean. (2010). Psikologi anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Poedjosoedarmo, Soepomo. (1979). Tingkat Tutur Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dep Dik Bud.

Russel, Verrill. (1986). Otto Klepprer's Advertising Procedure: SAGE

Sadiman. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schell, Jesse. (2008). The Art of Game Design. United States of America : Morgan Kaufmann Publishers.

Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3283

Article Metrics

Abstract view : 498 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0