PERANCANGAN VISUAL BRAND MANISAN SIMANIS OLEH-OLEH KHAS MOGA DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK

Palupi Argani, Godham Eko Saputro

Abstract


Abstrak

Manisan Simanis adalah salah satu merek oleh-oleh yang ada dari beberapa Merek olahan manisan di desa Moga-Pemalang, Jawa Tengah, oleh-oleh ini menjadi salah satu ragam kuliner yang ada di sana, namun sayangnya merek manisan Simanis belum banyak dikenal oleh masyarakat sebagai oleh-oleh khas yang ada di Kabupaten Pemalang, oleh karena itu upaya untuk melakukan perancangan visual brand dilakukan agar Manisan Simanis dapat lebih dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Moga-Pemalang. Strategi dalam perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan cara survei lokasi, pengamatan di lapangan, serta wawancara. Sementara Metode kuantitatif dilakukan dengan cara pembagian angket. Setelah data-data diperoleh selanjutnya akan dianalisa dengan menggunakan analisis SWOT sehingga dihasilkan visual brand yang tepat namun juga menarik, serta dapat lebih memperekenalkan manisan Simanis sebagai salah satu oleh-oleh khas Moga-Pemalang.

 

Kata kunci —Identitas Visual, Manisan, Moga , Oleh-oleh, Visual Branding

 

 

Abstract

Simanis candied fruit is one brand of candied fruit brands in Moga-Pemalang, Central Java. This candied  fruit becomes one of Moga’s special culinary, unfortunately brand of Simanis candied has not been known widely as special dish from Pemalang Regency. Hence, an effort to design a visual brand is done in order to Simanis candied fruit can be better known as one of Moga-Pemalang special dish. This research used mixed method namely qualitative and quantitative design. Qualitative method was conducted by survey, observation, and interview. Meanwhile, quantitative method was conducted by questionnaire. Then data of this research was analyzed by using SWOT analysis so that was expected be able to produce the appropriate and attractive visual brand, and can introduce Simanis fruit candied as one of Moga-Pemalang special dish.

 

Keywords —Visual Identity, Candied Fruit, Moga , Gift, Visual Branding




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i01.2609

Article Metrics

Abstract view : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0