Analisis Isi Berita Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y serta Hubungannya dengan Citra Perusahaan

Revita Tri Sulastri, Heni Indrayani

Abstract


Abstrak
Persaingan antar perusahaan yang ketat menuntut perusahaan untuk menjadi yang terdepan
dan mendapatkan penilaian positif dari masyarakat yang berujung dengan peningkatan
citra perusahaan. Perusahaan berlomba-lomba berusaha menyenangkan masyarakat dan
stakeholder dengan melakukan hal- hal positif, inovatif dan menunjukkan prestasi-prestasi
yang baik kepada publik. Salah satu caranya adalah melaksanakan kegiatan Corporate Social
Responsibility sekaligus sebagai ajang presentasi diri. Hal ini berkaitan erat dengan teori
Manajemen Impresi dalam lingkup profesional organisasi dimana perusahaan berusaha
untuk menyebarkan hal positif saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur signifikansi
hubungan Corporate Social Responsibility yang dilakukan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa
Tengah dan D.I.Y dengan Citra Perusahaan melalui pemberitaan di media massa online
Tribunjateng.com menggunakan tipe penelitian eksplanatif untuk menjelaskan hubungan dan
deskriptif untuk menjelaskan kecenderungan isi. Dengan menggunakan metode kuantitatif
dan pendekatan analisis isi, peneliti berusaha menguji sebuah hipotesis melalui sistem SPSS
dengan Uji Hubungan yaitu Koefisien Kontingensi dan Uji Statistik Chi-Square terhadap 28
berita terkait kegiatan CSR PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y. Hasil penelitian
mengungkapkan kecenderungan isi berita pada variabel CSR paling banyak membahas Program
CSR dengan persentasi 46,4% sebanyak 13 berita. Sedangkan pada variabel Citra Perusahaan,
kecenderungan isi berita pada indikator Reputation dengan 19 berita dan persentasi 67,8%.
Kekuatan hubungan antara dua variabel sangat lemah diketahui berdasarkan hasil Koefisien
Kontingensi sebesar 0,238. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak adanya hubungan antara
kegiatan CSR dengan Citra Perusahaan dengan Probabilitas Asymp. Sig dan Approx Sig. sebesar
0,642 > 0,05 sehingga H0
 diterima.


Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Citra, Media Online, Manajemen Impresi

 


Abstract
Intense company competition requires the company to be at the forefront and get positive
ratings from the community that culminate with the improvement of the company’s image.
Companies are competing to please the public and stakeholders by doing positive things,
innovative and showing good achievements to the public. One way is to carry out Corporate
Social Responsibility activities as well as a self presentation event. This is closely related to the
theory of Impression Management within the professional scope of the organization in which
the company strives to spread positive things. This study aims to measure the significance of
Corporate Social Responsibility News relationship conducted by PT. PLN (Persero) Central Java
and D.I.Y Distribution to Corporate Image through the news in online mass media Tribunjateng.
com using explanative type of research. By using quantitative method and content analysis
approach, the researcher tried to test a hypothesis through SPSS system with Contingency Coefficient technique and Chi- Square formula to 28 news related PLN CSR activities. The results
revealed the tendency of news content on CSR variables most discussed CSR Program with 46.4%
percentage of 13 news. While on Corporate Image variable, the tendency of news content on
Reputation indicator with 19 news and percentage 67,8%. The strength of the relationship
between two variables is very week based on the results of the Contingency Coefficient value is
0,238. The result of the research also shows that there is no correlation between CSR activities
with Corporate Image with probability Asymp. Sig and Approx Sig.0,642 > 0,05 so that H0
 is
accepted.


Keywords: Corporate Social Responsibility, Image, Online Media, Impression Management


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.2713

Article Metrics

Abstract view : 734 times
PDF - 1589 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.